Yanti Maila Sari, Kartini Limapuluh Kota Raih Penghargaan di Bidang Lingkungan Hidup

Limapuluh Kota, Jurnal Minang.com. Peduli pada persoalan lingkungan utamanya pengendalian sampah di Kabupaten Limapuluh Kota, Yanti Maila Sari, memperoleh penghargaan sebagai perempuan berjasa dan berprestasi di bidang lingkungan hidup dari Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE – KIM), Selasa, (30/05/2023).

Penghargaan yang diterima Yanti Maila Sari itu selaras dengan Hari Kartini dan diserahkan Ketua TP PKK Sumatera Barat Harneli Mahyeldi di Aula Kantor Gubernur Sumbar dan disaksikan oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo didampingi Ketua TP PKK Nevi Safaruddin dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBPPPA) Ayu Mitria Fadri beserta jajaran.

OASE-KIM memberikan penghargaan kepada perempuan berjasa dan berprestasi di sejumlah bidang seperti pendidikan, kesehatan, sosial budaya, lingkungan hidup, dan pertanian. Yanti Maila Sari menjadi satu dari 18 perempuan lainnya di Provinsi Sumatera Barat yang meraih penghargaan tersebut. Ibu Rumah Tangga dari kenagarian Tujuah Koto Talago, Kecamatan Guguak tersebut dinilai sukses mengelola sampah rumah tangga melalui program Sasupi (Sampah Sumber Piti)

Bupati Safaruddin kepada Yanti Maila Sari memberikan apresiasi luar biasa kepada Ia serta seluruh perempuan di Kabupaten Limapuluh Kota yang telah berupaya dan berjuang dibidangnya masing-masing. “Terkhusus untuk ibu Yanti Maila Sari, saya mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih pada peringatan hari kartini ini. Saya berharap penghargaan ini semakin memberikan motivasi bagi ibu Yanti untuk terus memberikan inspirasi bagi perempuan lainnya dalam melestarikan lingkungan hidup” tuturnya.
Tidak hanya di Bidang lingkungan hidup, Ia berharap perempuan-perempuan di Limapuluh Kota dapat menunjukkan kiprahnya di segala bidang dan mengisi pembangunan. “Bukan saja di bidang lingkungan hidup. Harapan kita perempuan-perempuan Limapuluh Kota dapat memberi kontribusi bagi pembangunan daerah, terutama pembinaan generasi penerus bangsa,” sambungnya. Menurut Bupati Safaruddin, peran perempuan untuk mensukseskan pembangunan di Kabupaten Limapuluh Kota semakin tinggi. Sebab itu, ia berharap pencapaian ini dapat menjadi pemantik semangat perempuan untuk terus berkarya dan berinovasi. “Saya berharap perempuan di Kabupaten Limapuluh Kota dapat terus berkarya, mandiri dan berdikari,” pungkasnya.

Baca Juga :  Bupati Eka Putra Dukung Peningkatan Layanan Kesehatan di Tanah Datar

Sementara itu, Kadis DP2KBPPPA Ayu Mitria mengungkapkan Yanti Maila Sari merupakan sosok Kartini yang gigih dalam bekerja dan sangat menginspirasi. “Setelah melalui beberapa tahapan penilaian dan survei lapangan dari tingkat nagari yg dilaksanakan, maka DP2KBP3A memutuskan ibu Yanti Meila sebagai wakil perempuan berjasa dan berprestasi mewakili Kabupaten Lima puluh kota,” ungkap Ayu. Ia menambahkan, Yanti juga diseleksi oleh Tim Provinsi dan lolos hingga tingkat pusat.

Usai menerima penghargaan, Yanti Maila Sari menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukungnya hingga saat ini. “Apresiasi kepada Pemkab Limapuluh Kota khususnya Bupati dan DPPKBPPPA Kabupaten Limapuluh Kota yang selalu memberikan motivasi dalam pemberdayaan perempuan,” tutur Yanti Maila Sari. Pada kesempatan itu, Yanti pun berharap prestasi yang diraihnya saat ini mampu menelurkan Kartini-Kartini lainnya di Limapuluh Kota dan dapat berperan dalam pembangunan di Limapuluh Kota maupun Sumatera Barat. (Andi/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email