News  

Wisata Tanah Datar Semakin Menarik, Kehadiran Homestay Kian Bertambah

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Jika pergi ke Sumatera Barat atau yang dikenal dengan ranah Minang belum lengkap rasanya bila tidak berkunjung ke Tanah Datar atau Luhak Nan Tuo karena daerah ini dikenal dengan ‘kota budaya’ serta alam yang indah dan kuliner yang maknyus.

Menurut Kadis Parpora Tanah Datar (Pariwisata, Pemuda dan Olahraga) Hendri Agung Indrianto,B.Mgt,MHSPS melalui Kabid Pariwisata Sabtu, 23/4 2022 mengatakan, seperti pengalaman berwisata yang dialami Mas Bowo dan mbak Nabila berkunjung satu hari di Tanah Datar, hingga ia takjub dan menceritakan pengalamannya di media Facebook hingga ia berujar siapa yang belom ke kabupaten Tanah datar? Tanah Datar terkenal dengan wisata sejarah, budaya, alam dan kulinernya yang maknyus.

Mbak Nabila dan mas Bowo dari Jakarta begitu sampai di bandara BIM (Bandara Internasional Minangkabau), saya jemput dan langsung tancap gas ke Tanah Datar dan kami sampai di Lembah Anai Tanah Datar. Kami berhenti sejenak untuk shalat dan makan siang dengan gulai tambusu/usus, dendeng balado, ikan bakar dan minum pakai es teh manis.

Setelah itu kami lanjutkan perjalanan ke desa terindah Pariangan, sekitar 1 jam kemudian kami sampai di Nagari Tuo Pariangan untuk menikmati kopi Kawa daun sambil memperhatikan begitu indah ciptaan ya Allah (alam) (amazing), kata sahabat saya ini. Selanjutnya kami ke masjid Tuo Pariangan (bersejarah) untuk mandi air panas dan shalat ashar berjamaah.

Tidak terasa hari sudah mulai gelap memasuki waktu magrib kami langsung ke homestay (penginapan), lalu shalat berjamaah dan makan malam bersama. Memasuki pukul 21.00 wib kami bercengkrama di ruangan tamu homestay sambil saya menanyakan pengalaman apa yang dirasakan 1 hari ini. Mereka menjawab kuliner yang enak, pemandangan alam dan udaranya sejuk, mandi air panas dan shalat ke masjid tuo yang bersejarah. Ini baru 1 hari loh yang mereka rasakan.

Baca Juga :  Bupati Eka Putra Hadiri Perpisahan SMPN 2 Lintau Buo Utara, Ini Pesannya

Cerita selanjutnya bersambung ya karena 4 hari lagi, saya dan sahabat mengunjungi tempat wisata terbaru loh. Ayo liburan lebaran ini jangan lupa keTanah Datar authentic Minangkabau ya, bisa menginap di homestay homestay terbaik di kabupaten Tanah Datar.
Itulah pengalaman sehari di Tanah Datar yang disampaikan semoga dapat dijadikan acuan bagi wisatawan berkunjung ke Luhak Nan Tuo, kata Efrison, SE. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600