Wisata Tanah Datar Semakin Berbenah, Nagari Andaleh Jadi Pilot Project

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Guna memajukan Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh Tanah Datar, terutama wisata alam, sejumlah 6 orang mahasiswa yang didampingi 3 orang Dosen dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Mereka melakukan Field Project Study (FPS) di Nagari Andaleh kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar mulai tanggal 7 Maret sd 31 Maret 2022.

Kegiatan FPS di nagari Andaleh Kecamatan Batipuh merupakan tindaklanjut perjanjian kerjasama (MoU) antara Pemda Tanah Datar dengan Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung.

Menurut Kabid Pariwisata Dinas Parpora Tanah Datar Efrison, SE kepada Jurnal Minang Jum’at lalu di ruangan kerjanya mengatakan, dipilihnya Nagari Andaleh sebagai FPS karena Nagari Andaleh memiliki potensi dan pesona wisata yang bernilai tinggi, nagari ini memiliki view yang indah, terkenal dengan Nagari bunga, hampir seluruh masyarakat berusaha di sektor bunga hias, di daerah ini juga terdapat pohon Andalas yang sudah berusia ratusan tahun, bunga Raflesia Arnoldi. Keunggulan lain Nagari Andaleh telah memiliki Master Plan dan DED pengembangan pariwisata nagari, yang diprakarsai Nova Hendria, Anggota DPRD Tanah Datar yang juga ketua DPD NasDem Tanah Datar.

Kabupaten Tanah Datar satu satunya kabupaten kota di Sumbar yang melakukan kerjasama dengan perguruan tinggi pariwisata yang berada di bawah binaan Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif RI. FPS merupakan program kedua STP di Tanah Datar. Sebelumnya tanggal 27 Februari 2022 sudah dilaksanakan Coaching Clinic/ pembekalan pelaksanaan event yang profesional oleh STP Bandung kepada 14 nagari sebagai pelaksana satu nagari satu event.

Menurut Dr, Sumaryadi MM, Dosen pembimbing, kegiatan FPS
merupakan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa program studi Manajemen Destinasi Pariwisata STP Bandung, sebagai penerapan konsep materi perluliahan di Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh dengan harapan pariwisata nagari Andaleh semakin maju dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (KD/Red JM).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600