News  

Wisata Nagari Pariangan Menuju “Top 50” Desa Wisata pada Ajang ADWI

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Nagari Pariangan Kecamatan Pariangan Tanah Datar yang pernah mendapat julukan menjadi desa terindah di dunia, bahkan saking indahnya Presiden RI Joko Widodo pernah berkunjung ke daerah itu, dan kini tahun 2022 bersama Nagari III Koto Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar Sumbar masuk 300 Desa Terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) dari 83.000 desa yang ada di Indonesia.

Kepala Dinas Parpora (Pariwisata, Pemuda dan Olahraga) Tanah Datar Hendri Agung Indrianto, B.Mgt,MHSPS melalui Kabid Pariwisata Efrison, SE kepada media ini menjelaskan, dari 300 desa tersebut akan diseleksi lagi oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menjadi 50 desa dan kita berharap nagari yang menjadi duta Luhak Nan Tuo tetap masuk nominasi.

“Pada tahun 2021 Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh masuk 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia dan kita berharap Nagari Pariangan dan Nagari III Koto juga dapat menempatinya,” kata Kabid Pariwisata Efrison, Sabtu (23/04/2022).

Terkait dengan strategi pengembangan Pariwistaa Tanah Datar, Efrison mengatakan sebagai pariwisata berbasis masyarakat dan memperbanyak event wisata, termasuk di dua Nagari tersebut yaitu Pariangan dengan indahnya pemandangan alam dan III Koto yang terkenal dengan Aua Sarumpun indahnya danau Singkarak jika dilihat dari sana.

“Dengan Program ADWI yang diluncurkan Kementerian Pariwisata sangat cocok dengan pengembangan pariwisata Tanah Datar yang banyak memiliki objek wisata budaya dan alam ,” tutur Efrison.

Saat ini sudah ada 16 nagari di Tanah Datar yang sudah ditetapkan melalui SK Bupati Tanah Datar sebagai desa wisata. Sementara Gubernur Sumbar juga telah menetapkan 5 nagari di Tanah Datar sebagai agro wisata, masing-masing Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto, Nagari Sumpu Kecamatan Batipuh Selatan, Nagari Andaleh Kecamatan Batipuh, Nagari Pariangan Kecamatan Pariangan dan Nagari Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara. (KD/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600