News  

Wisata Nagari Pariangan Akhirnya Masuk TOP 50 ADWI 2022

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Wisata Nagari Pariangan yang dikemas dalam Hargo desa wisata terindah di dunia berhasil masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) th 2022. Pengumuman tersebut dilansir oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif, Rabu 27 Desember 2022 melalui berbagai media.

Dari Sumatera Barat hanya ada tida desa wisata yang masuk 50 besar dari ribuan desa yang dinilai. Ketiga desa wisata tersebut adalah: Desa Wisata GTP Ulakan kab. Padang Pariaman, Desa Wisata Silokek Kab. Sijunjung dan Desa Wisata Pariangan kab. Tanah Datar.

“langkah berikutnya adalah mempersiapkan visitasi dari tim untuk tujuh unsur penilaian. Kita harus bekerja keras dan pemerintah daerah harus mendukung sepenuhnya jika kita ingin memperoleh yang terbaik” ujar Irwan Malin Basa Pengarah Pokdarwis Nagari Pariangan ketika berbincang dengan wartawan Jurnal Minang setelah mendengar pengumuman ini.

Mulai besok akan diadakan pertemuan untuk membahas tindak lanjut kegiatan. Termasuk juga Bimbingan dari tim dari pusat melalui zoom meeting.

Dalam beberapa hari terakhir ini kelompok sadar wisata nagari Pariangan sudah semakin giat untuk membenahi spot spot wisata yang ada di nagari Pariangan.

Menurut pengalaman tahun lalu, poin poin penting dalam penilaian ADWI adalah kebersihan seluruh fasilitas, narasi, kemudahan akses, dukungan masyarakat serta aspek aspek lainya.

Dari tahun lalu dukungan pemerintah pusat melalui Kimpraswil provinsi sudah dilakukan pekerjaan rehan beberapa spot wisata di nagari Pariangan seperti rehab lingkungan mesjid ishlah Pariangan, rehan kuburan panjang, rehab batu tungku tigo sajarangan yang menelan biaya sekitar 2.6 Milyar. (KD/Red JM).

Print Friendly, PDF & Email