News Opini

Wartawan itu Merdeka

Oleh: Sutan Syahril Amga

(wartawan senior dan wartawan utama)

Tanah Datar, JuenalMinang.Com. News&Web TV. Dari hari ke hari, dari bulan ke bulan dan dari tahun ketahun jumlah yang mengaku sebagai wartawan meningkat terus. Hal ini bukan menunjukan lapangan pekerjaan lain tidak ada. Melainkan setidaknya disebabkan profesi yang bergerak dalam bidang informasi ini orangnya masuk golongan intelektual.

Wartawan dalam kehidupanya menjalankan tugas seolah-olah bebas menghubungi siapa saja. Bahkan dari hari ke hari dihubungi pejabat, baik itu pejabat pusat, maupun pejabat daerah. Apalagi jika ada suatu kegiatan suatu kementerian/dinas atau instansi yang harus diketahui orang banyak begitipun sebaliknya.

Kerja menyebarkan informasi tersebut adalah kegiatan sehari-hari tanpa mengenal waktu. Siang, malam, hujan panas bukanlah halangan yang membuat tugasnya terhenti. Misalnya kebakaran di tengah malam, banjir/air bah menjelang subuh tetap diliput wartawan. Hasil liputanya itu disampaikan wartawan secepatnya kepada seluruh pelosok nusantara.

Karena itu wartawan selalu berada diantara pemerintah dan masyarakat di setiap sa’at. Sebab pada satu sisi tugasnya menyiarkan program pemerintah agar diketahui orang banyak. Pada sisi lain, wartawan menyampaikan aspirasi rakyat kepada pemerintah, dan untuk menyempurnakan fungsinya melakukan kritik.

Justeru tanpa kritik demokrasi negeri ini tidak akan maju-majunya. Sehubungan dengan itu lahir statemen bersama “kritik itu cambuk keberhasilan”. Disamping itu wartawan yang mau melakukan kritik itulah yang anggota Pers Pancasilais.¬†

Hasil pengamatan JurnalMinang News & Web TV itu ketika dikonfirmasikan kepada pemerintah daerah Tanah Datar Cq Kabag Humas dan protokol tidak membantah peningkatan jumlah wartawan, khususnya di daerah ini. Sehubungan dengan itu disamping kuantitas juga diharapkan peningkatan kualitas. Aksinya, jika Tuhan mengizinkan akhir Desember mendatang 50 orang wartawan  Kab.Tanah Datar akan diusahakan untuk menuju profesional ke Dewan Pers.

Bahkan bukan hanya sampai disitu, tetapi akan diusahakan sampai mengorek informasi dari media besar di lndonesia. Sebab kita yakin kawan-kawan kita pada media massa yang sekarang ada yang berpotensi besar dan wartawan itu merdeka. Begitu antara lain dikatakan laki-laki yang sangat familyar ini sambil senyum yang memukau, Rabu, (30/9). (SA/Red.JM).

Related posts

Peduli Covid 19, Ketua DPRD Deni Azra Bagikan Masker

Admin Jurnal Minang

Akademisi Sikapi Instruksi Bupati Tanah Datar tentang Perpanjangan Belajar Online

Admin Jurnal Minang

Pembangunan Mesjid Agung Payakumbuh Disetujui Dalam 4 Rapat Paripurna

Admin Jurnal Minang

Leave a Comment