News  

Warga Binaan Rutan Kelas IIB Batusangkar Dapatkan Layanan Pemeriksaan Kesehatan

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, Rutan Kelas IIB Batusangkar melaksanakan pemeriksaan kesehatan rutin yang dilaksanakan setiap bulan. Kegiatan ini bekerjasama dengan Petugas kesehatan dari Puskesmas Lima Kaum, bertempat di ruang klinik Rutan Batusangkar, Senin (13/06/2022).

Kesehatan merupakan salah satu hak dasar yang harus dipenuhi oleh Negara bagi seluruh warga negaranya tanpa terkecuali, begitu juga bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menjadi tanggung jawab Lembaga Pemasyarakatan atau Rumah Tahanan Negara (Lapas/Rutan) yang harus mendapat pelayanan kesehatan dan perawatan yang baik.

Pelayanan yang tersedia bersifat komprehensif yang meliputi penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan, pengobatan, rujukan ke pelayanan kesehatan dan kesehatan lingkungan.

Kepala pelayan tahanan Arlen Gumanti Syam menyampaikan gelaran ini sendiri rutin dilaksanakan setiap bulannya guna mengecek kesehatan para WBP yang sedang menjalankan masa pidananya.

“Kami bersama perawat serta petugas jaga selalu berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga kesehatan dalam satu bulannya bagi para WBP yang sedang menjalani masa pidananya”, ungkap Arlen.

Lebih lanjut, dalam kesempatan tersebut, Arlen berharap pemeriksaan kesehatan di Rutan kelas IIB Batusangkar agar berkesinambungan. Jangan ada diskriminasi, jangan ada perbedaan, pintanya.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Petugas kesehatan Puskesmas Lima Kaum sebanyak 82 orang WBP meliputi pemeriksaan fisik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan dengan difokuskan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan yang mempunyai faktor resiko seperti obesitasi, lansia, pemeriksaan tekanan darah, atau yang mempunyai riwayat penyakit sebelum yang bersangkutan bermasalah dengan hukum tutup Arlen. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Riski Syarif: Seorang Penggiat Literasi dari Lintau
banner 120x600