News  

Wanita Pemberani itu Betty Shadiq Pasadigoe

Tanah Datar, Jurnalminang.com. Satu satunya bakal calon bupati wanita yang hampir lolos dan siap mendaftar ke KPU pada pilkada serentak tahun ini adalah Betty Shadiq Pasadigoe. Tidak hanya di Tanah Datar saja, tetapi untuk seluruh pilkada dan pilwako di seluruh Sumatera Barat ia satu satunya. Patut diacungi jempol karena diantara jutaan perempuan yang ada di ranah Minang Betty memang pemberani dan memiliki jiwa pemimpin yang patut dicontoh.

Betty Shadiq adalah istri dari Shadiq Pasadigoe mantan bupati Tanah Datar dua periode. Betty juga mantan anggota DPR RI periode 2014 – 2019 dari partai Golkar dan satu satunya perempuan dari ranah Minang yang duduk di parlemen ketika itu. “ini adalah sebuah anomali tetapi nyata dan patut dicermati” ujar beberapa aktifis dan peneliti gender di sebuah kampus di Batusangkar, Senin, 10 Agustus 2020 dalam sebuah diskusi tentang gender. Berbagai teori dan hipotesis bermunculan dan akan terjawab nanti melalui penelitian.

Betty akan maju menjadi calon bupati Tanah Datar berpasangan dengan Edytiawarman dari wilayah barat (Pabasko). Betty berani menentang opini publik bahwa di Minangkabau masih agak jarang perempuan yang maju menjadi pejabat politik. Tetapi kini sudah masanya perempuan berkarir di politik. Untuk anggota DPR RI saat ini dari Sumbar, ada dua orang politisi perempuan yang menjadi anggota parlemen. Yang menjadi anggota DPD (senator) juga ada perempuan yaitu Emma Yohanna yang sudah tiga kali masa jabatan sukses menjadi senator.

“jika Betty sukses menjadi Bupati nanti sangat pantas beliau diberi sebuah penghargaan “the most outstanding innovator woman” ujar salah seorang pembicara dalam diskusi tersebut yang juga seorang perempuan bergelar Doktor berinisial WT yang sengaja diundang dari luar daerah. Kini proses politik sedang berjalan dan puncaknya pada tgl 9 Desember 2020. (Red.Jm).

Baca Juga :  Wisata Nagari Pariangan Akhirnya Masuk TOP 50 ADWI 2022

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600