Opini  

Waktu Libur Telah Datang, Apa Yang Dapat Dilakukan?

Oleh: Dr.Sirajul Munir, M.Pd. (Wakil Rektor III UIN Batusangkar)

Masa liburan sekolah menjadi momen indah yang ditunggu anak-anak, pelajar dan tidak terkecuali mahasiswa. Apalagi waktu libur semester ini terkategori libur panjang yang berdurasi satu bulan bagi siswa dan dua bulan bagi mahasiwa. Apa yang dapat dilakukan di masa libur ini?

πŸ‘‰ Membersihkan kamar
Fakta penelitian mengungkapkan bahwa menata dan merapikan kamar memiliki manfaat psikologis, malah dapat mengurangi stress. Jika anak-anak belum mampu membersihkan rumah dalam skala besar, paling kurang bisa dimulai dari membersihkan kamar sendiri. Boleh ditambahkan dengan asesosir terbaru sehingga membuat suasana kamar jadi beda. Yuk, biasakan hidup lebih bersih dan rapi

πŸ‘‰ Membaca buku favorit
Setiap kita tentu memiliki kesukaan buku yang bervariasi. Ada yang suka buku komik, novel, national geopraphy, komedi, religi, self-improvement, ataupun horror. Membaca buku bukan hanya sekedar mengisi waktu luang, namun juga bisa menambah wawasan. Sisakan waktu beberapa jam untuk membaca buku sembari ditemani cemilan ringan favorit agar membacanya bisa betah.

πŸ‘‰ Menonton film favorit
Menonton film bolehkah? Ya, bolehlah. Tentu film yang memberikan manfaat untuk kita. Jangan film yang mengumbar aurat, pacaran, selingkuh, dan semisalnya. Banyak kok film yang layak ditonton yang dapat diunduh secara gratis.

πŸ‘‰ Olah raga
Nah, ini tentu sudah menjadi target kita semasa libur yang di masa sekolah aktivitas ini sangat berkurang. Olah raga dapat dilkukan sendiri, bersama teman, atau yang kren bareng keluarga tercinta.

πŸ‘‰ Bersilaturrahim
Masa liburan menjadi masa terbaik untuk berkumpul dengan keluarga tersayang, baik dengan saudra Ayah maupun saudara Bunda sembari menikmati beragam menu unik dan enak di kampung. Silaturrahim juga dapat dilakukan ke teman dekat, guru, ataupun Ustadz yang sudah kita rindukan nasehat dan petuahnya.

Baca Juga :  Pekik Merdeka Menggema di Nusantara

πŸ‘‰ Berwisata
Mengisi liburan dapat dimanfaatkan dengan berwisata ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi. Bisa wisata laut, gunung, view kren yang dapat membuat pikiran kita lebih fresh.

πŸ‘‰ Bercocok tanam
Sebagian kita kemungkinan ada yang menyukai bercocok tanam. Di samping dapat menyalurkan hobi juga bisa mengeluarkan keringan dan malah menghasilkan uang.

πŸ‘‰ Memasak
Aktivitas memasak di rumah bisa seru, lho. Ingat, kegiatan memasak ini tidak bisa kita hilangkan dari kehidupan. Mumpung libur, kita bisa meningkatkan keterampilan memasak. Bisa bertanya ke Mbah google, mencoba resep-resep baru, atau belajar dengan Bunda tercinta .

πŸ‘‰ Mencoba hal yang baru
Anda juga bisa mengisi liburan dengan kegiatan baru yang bermanfaat dan menantang. Bisa dalam bentuk melukis, belajar bahasa Inggris praktis, membuat prakarya, mencat rumah dan pagar, atau bisnis online kecil-kecilan yang dapat menambah uang saku.

πŸ‘‰ Memaksimalkan ibadah
Walaupun beribadah menjadi kewajiban harian kita, namun semasa libur ini kita bisa membuatnya lebih teratur dan meningkat. Ibadah sholat sunat, tilawah, memahami buku agama, menonton youtube tentang agama menjadi sangat mungkin dilakukan. Malah bisa mentargetkan menambah jumlah hafalan lebih banyak asal dikerjakan dengan santai dan bahagia.

Intinya selama liburan ini lakukan kegiatan yang bermanfaat, buat pikiran lebih segar, keluar dari zona rutinitas, dan hilangkan kejenuhan. Selamat berliburπŸ™‚

Print Friendly, PDF & Email