News  

Wabup Richi Aprian Resmikan Mesjid Jami’ di Andaleh, Batipuah

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian mengatakan dalam mengelola masjid pengurus harus transparan, berapa uang masuk dan keluar serta digunakan untuk apa. Demikian dikatakan Richi Aprian  ketika meresmikan Masjid Jami’ Jamaah Syathariyah Nagari Andaleh, Batipuh, Minggu, 20/3/2022.
Richi Aprian mengajak agar menjadikan masjid ini sebagai landasan untuk menjadikan akidah lebih baik lagi untuk kedepanya.

“Jadikanlah Masjid, tempat ibadah, dan sumber informasi, untuk mensiarkan Agama islam,” ujarnnya.

Masjid yang berdiri dari Tahun 2009 berdiri atas sumbangan dari berbagai elemen masyarakat dan jamaah Syathariyah terdaftar tahun 2021 dan baru bisa diresmikan pada hari ini, ujarnya.

Richi juga menyampaikan bahwa Masjid sebagai sentral pendidikan, maka pergunakanlah masjid untuk mensiarkan agama, agar di Nagari Andaleh bisa melahirkan hafidz dan hafidzah yang bisa mengharumkan nama Nagari dan Kabupaten nanti di berbagai iven MTQ serta kegiatan keagamaan lainnya.

Richi Aprian berharap kepada pengurus untuk membuka masjid 24 jam dan harus transparan pelaporan keuangan, dan pergunakan masjid sesuai dengan fungsinya.

Dalam Kesempatan itu, Nova Hendria Anggota DPRD dari Fraksi Nasdem, yang juga tokoh masyarakat Andaleh, menyampaikan, berdirinya masjid Jami’ ini, di tahun 2009 dahulu memang penuh kendala. Pada awal dimulai pembangunan diguncang gempa bumi, membuat terhalang pembangunanya.

“Namun kita ambil hikmahnya dalam musibah itu, kitapun bisa membangun dua Masjid langsung, dapat bantuan dari tokoh-tokoh masyarakat dan pemerintah daerah,” terusnya.

Nova Hendria, SH juga ungkapkan sebagai tokoh masyarakat yang juga Anggota DPRD dari Dapil 3 Nagari Andaleh, pihaknya akan menganggarkan tahun depan dari Dana Pokir untuk pembangunan pagar masjid.

Dalam peresmian Masjid Jami’ Andaleh ini dihadiri pula oleh Istri Gubenur Sumatera Barat (Sumbar) Arneli Bahar, Forkopinca Batipuh, tokoh masyarakat dan Wali Nagari serta undangan lainnya. (KD/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600