Wabup Richi Aprian Hadiri Raker Kemenag untuk Bangun Sinergitas Bersama

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Dalam melaksanakan program pembangunan di berbagai sektor, Pemerintah Daerah (Pemda) Tanah Datar tentu saja tidak bisa berjalan sendiri, namun butuh dukungan dan kerjasama dari pihak terkait. Seperti di sektor pendidikan dan keagamaan, Kementerian Agama (Kemenag) Tanah Datar yang merupakan salah satu stakeholder vertikal yang bersentuhan langsung diharapkan sinergitasnya.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Tanah Datar Richi Aprian pada acara Rapat Kerja Kemenag Tanah Datar, Selasa (31/5/2022) di Emersia Hotel dan Resort Batusangkar.

“Kemenag Tanah Datar sebagai instansi yang melaksanakan urusan bidang pendidikan dan keagamaan tentunya selaku Pemda kita sangat mengharapkan dukungan penuh untuk program bidang keagamaan, seperti Program Unggulan Satu Rumah Satu Hafiz/hafizah. Juga mendukung keberadaan Rumah Tahfiz, TPA/TPSA, urusan haji, kegiatan PHBI dan lainnya,” kata Richi.

Hal ini tentunya, tambah Wabup, sejalan dengan tujuan dalam mencapai Visi Kabupaten Tanah Datar yakni Terwujudnya Kabupaten Tanah Datar yang Madani Berlandaskan Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah, dan pada Visi pertama yakni Meningkatkan Kehidupan Beragama, Beradat dan Berbudaya.

“Kita berharap juga dengan sinergitas ini, melalui penyuluh agama dan pelaku keagamaan lainnya, pemahaman dan aliran sesat ataupun organisasi lainnya yang bertentangan dengan agama dan undang-undang berlaku hilang dan lenyap di Tanah Datar,” ujarnya.

Tidak itu saja, kata Richi, beberapa event dan kegiatan cukup besar bakal dilaksanakan dalam waktu dekat, ia juga berharap dukungan penuh Kemenag Tanah Datar bersama jajaran.

“Beberapa hari lagi Jamaah Calon Haji Tanah Datar bakal berangkat ke Tanah Suci, di kesempatan ini atas nama Pemda kami menitipkan para jamaah agar terlayani dengan baik selama proses pelaksanaan ibadah dari keberangkatan sampai pulang kembali.

Baca Juga :  Wabup Tanah Datar Berkantor Sehari di Nagari

Dan selanjutnya pada 20 sampai 24 Juni juga ada pelaksanaan MTQ N Tingkat Kabupaten yang dipusatkan di Kecamatan Tanjung Emas, untuk itu mohon dukungan dan kerjasamanya, karena event ini mencari bibit kafilah potensial yang bakal menjadi duta Tanah Datar di ajang lebih tinggi sehingga prestasi Juara Umum dapat kita raih kembali,” katanya.

Terakhir Wabup Richi sangat berharap sinergitas antara Pemda Tanah Datar bersama Kemenag Tanah Datar tidak hanya seremonial belaka, namun memang nyata dan memberi manfaat bagi semua.

“Di beberapa pertemuan terungkap keinginan sekolah-sekolah di bawah Kemenag untuk bisa memperoleh bantuan dari Pemerintah Daerah, namun karena kondisi keuangan daerah serta belum ditemukannya aturan yang jelas dan lengkap bahwa Pemda bisa memberikan bantuan, sampai saat ini memang Pemda belum bisa merealisasikan bantuan, dan kalau memang aturan yang memperbolehkan ada, mari kita bahas bersama dengan dinas terkait lainnya,” tukasnya.

Kepala Kantor Kemenag Syahrul mengatakan, terima kasih atas kesediaan Wabup untuk hadir dalam kegiatan Rapat Kerja Jajaran Kemenag Tahun 2022.

“Terima kasih atas kehadiran pak Wabup, memang dalam rencana pelaksanaan kegiatan terjadi beberapa kali perubahan, namun Alhamdulillah akhirnya terlaksana hari ini di Emersia Hotel ini dan akan dilanjutkan di kantor Kemenag kamis esok,” kata Syahrul.

Lebih lanjut Syahrul menyampaikan Rapat Kerja yang mengusung tema Transformasi Layanan Umat diikuti Kepala Sekolah Madrasah Negeri atau Swasta, kepala KUA, Penghulu, Penyuluh Agama dan lainnya dengan total peserta 60 orang.

“Kegiatan ini bertujuan mengevaluasi dan meninjau pelaksanaan kegiatan tahun 2021 lalu, dimana letak kekurangan dan kelemahan sehingga tahun 2022 tidak terjadi lagi,” katanya.

Terkait pelaksanaan MTQ N Tingkat Kecamatan, Kakan Kemenag mengatakan siap mendukung untuk pelaksanaan dan kesuksesan kegiatan tersebut.

Baca Juga :  Wabup Richi Aprian Bersilaturahmi dengan Perantau Padang Ganting untuk Bangun Kampung Halaman

“Jajaran Kemenag Tanah Datar sudah berkoordinasi dengan instansi terkait, Insya Allah dalam waktu ke depan akan terus kita lakukan dan tingkatkan agar pelaksanaan MTQ ini berjalan aman, lancar dan sukses. Begitu juga program lainnya kita siap mendukung,” kata, Syahrul. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email