UMPTKIN Digelar, 2127 Pendaftar Bersaing Ketat Masuk IAIN Batusangkar

  • Bagikan
banner 468x60

Tanah Datar, Jurnalminang.Com. News&Web TV. Jalur Masuk Perguruan Tinggi Keagmaan Islam Negeri ke Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar memasuki tahap jalur Mandiri dan Prestasi yang dibuka jadwalnya dari tanggal 24 Mei sampai dengan 23 Juli 2021.
Sekarang juga digelar Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) secara nasional yang diselenggarakan di 58 PTKIN se-indonesia secara serentak dengan mengunakan sisten daring.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan peserta agar tidak perlu datang ke lokasi ujian, sehingga cukup mengerjakan di rumahnya masing- masing, mengingat Indonesia masih dilanda pendemi Covid-19.
“Sebanyak 2127 calon siswa yang telah memilih IAIN Batusangkar dengan pilihan 27 jurusan dari 4 fakultas. Diantara 27 jurusan, 7 jurusan sudah terakreditasi A dan pada umumnya sudah terakreditasi dengan baik, “sebut ketua PMB Dr. H. Zainuddin, MA.

banner 336x280

Ketua panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) IAIN Batusangkar Dr. H. Zainuddin, MA menerangkan bahwa pelaksanaan Ujian Masuk UM-PTKIN digelar secara daring, selama tiga hari 24-25 dan 27 Mei 2021 dengan tujuh sesi.
Peserta diwajibkan menginstal aplikasi UM-PTKIN di perangkat elektronik baik komputer, laptop, atau smartphone, kemudian aplikasi itu juga terkoneksi dengan pengawas dan panitia lokal IAIN Batusangkar yang memantau lewat kamera perangkat elektronik masing-masing peserta.

“Pada tanggal 24 Mei 2021 kita telah buka pendaftaran Jalur Mandiri, yang sudah kita jadwalkan jauh-jauh hari, pendaftaran sampai dengan tanggal 23 Juli 2021. Disamping jalur mandiri kita juga siapkan satu jalur pretasi untuk para calon mahasiswa yang mempunyai berbagai prestasi yang dimiliki, dengan sistem pendaftaran online pada laman www.pmb.iainbatusangkar.ac.id.”

Sementara itu Rektor Dr. Marjoni Marjoni, M.Sc menekankan mari kita maksimalkan pelaksanaan ujian UM-PTKIN tahun ini, buat semua para calon mahasiswa yang melakukan ujian SSE di IAIN Batusangkar, dan juga pelayanan informasi tentang pendaftaran jalur Mandiri dan Prestasi yang akan memilih ke IAIN Batusangkar.

Baca Juga :  Munas Alumni MAN Kobar Kurang Sosialisasi

Peminat masuk IAIN Batusangkar semakin meningkat sehingga masing masing calon mahasiswa harus bersaing ketat untuk dapat diterima di kampus yang sebentar lagi akan menjadi UIN Batusangkar tersebut. (DO/Red.Jm).

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan