News

UIN Sunan Kalijaga Komitmen Bersinergi dengan IAIN Batusangkar

Tanah Datar, JurnalMinang.Com. News&Web TV – Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta bermitra dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar menuju Transformasi Akreditasi Nasional ke arah Akreditasi Internasional. Hal ini diwujudkan pada kunjungan Kepala Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Suka beserta rombongan Ke IAIN Batusangkar, Rabu, 03/03-2021.

IAIN Batusangkar sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dengan raihan Akreditasi Prodi/Jurusan ‘A, terbanyak dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sudah patut untuk menyiapkan akreditasi unggul “Transformasi Akreditasi Internasional” ucap Ketua LPM UIN Sunan Kalijaga, Dr. M. Fakhri Husein, S.E., M.Si.

Kami Memilih IAIN Batusangkar dalam kunjungan kali ini, karena pengelolaan Prodi/Jurusan di IAIN Batusangkar sudah baik, ditambah lagi, IAIN Batusangkar sudah memiliki 7 Akreditasi A Program Studinya dari BAN-PT dan juga IAIN Batusangkar Sudah Memiliki 2 orang Tim Asesor BAN-PT, sebagaimana disampaikan Dr. M. Fakhri Husein di hadapan Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Ridwal Trisoni, M.Pd, Dekan, Direktur, Wakil Dekan, Kepala Pusat, Ketua Lembaga, Ketua Jurusan dan Prodi selingkung IAIN Batusangkar.

Dalam kunjungan ini UIN SUKA membawa 20 ketua prodi yang akan bisa berdiskusi dan saling berbagi dalam menghadapi Akreditasi Internasional, mengingat kita sama-sama satu payung di kementerian Agama, sehingga mampu memberikan terobosan baru dalam dunia pendidikan, dan juga mewujudkan program Merdeka Belajar/Era Kampus merdeka“ tutup Fakhri.

Dalam sambutannya Rektor yang diwakili oleh Wakil Rektor I Ridwal Trisoni, mengucapkan terimakasih telah mengunjungi IAIN Batusangkar dan juga merangkul dalam menghadapi Akreditasi baik Nasional mapun akan kita sipakan di tingkat Internasional.

Dukungan yang selama ini diberikan oleh UIN SUKA kepada IAIN Batusangkar terutama dalam bidang Akreditasi, ini sangat membantu tim akreditasi kami menghadapi Asesoser BAN-PT, alhamdulillah IAIN Batusangkar bisa mendapatkan 7 Akreditasi A, dan 17 B dari 34 prodi/jurusan baik Starata 1 maupun strata 2“ tutup Ridwal.

Baca Juga :  Ribuan Pelayat Hadiri Pemakaman Wali Nagari Pariangan

Sementara itu kepala LPM IAIN Batusangkar Dr. Ulya Atsani, M.Hum. mengatakan dengan kehadiran UIN SUKA bisa memotifasi kami di IAIN Batusangkar, mengingat IAIN Batusangkar sedang dalam tahap Transformasi menuju UIN Batusangkar.

Lebih lanjut Ulya Atsani meyampaikan serangkaian kegiatan dalam kenjungan UIN SUKA ke IAIN Batusangkar sudah kita siapkan juga, adanya penandatanganan MoA yakni Jurusan PAI, PBA, MPI, PGMI dan Matematika pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, sedangkan pada Fakultas Syariah yakni Jurusan Hukum Tata Negara (HTN) dan di Fakultas Ushuluddin Adab, dan Dakwah Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI).

Kolaborasi antara perguruan tinggi ini menentukan sikap perguruan tinggi terhadap lulusan dan kualitas yang dihasilkan, juga untuk membantu perguruan tinggi melakukan penjaminan mutu sebagai pertanggungjawaban terhadap publik” tutup Ulya Atsani. (DO/Red.Jm).

Related posts

Penjual Putu dan Pilkada

Admin Jurnal Minang

Inilah Kandidat Rektor IAIN Batusangkar !!!

Admin Jurnal Minang

Tanah Datar Discusion Club (TDC) Akan Kembali Tayang

Admin Jurnal Minang

Leave a Comment