UIN Mahmud Yunus Press Resmi Jadi Anggota IKAPI, Bukti Profesionalisme Penerbitan

IMG 20230109 WA0029
IMG 20230109 WA0029

Batusangkar, Jurnal minang.com. News&Web TV. Bentuk komitmen Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar untuk meningkatkan profesionalitas dalam penerbitan, publikasi serta karya tulis di perguruan tinggi negeri, dalam mengembangkan industri penerbitan buku sebagai upaya untuk berkontribusi aktif dalam pendidikan.

UIN Mahmud Yunus Batusangkar Press resmi terdaftar sebagai anggota Ikatan Penerbitan Indonesia (IKAPI). Hal tersebut ditandai dengan terbitnya sertifikat tanda anggota Nomor.037/Anggota Luar Biasa/SBA/2022, per tanggal 1 Desember 2022.

Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc., Rektor UIN MY Batusangkar mengatakan, profesionalitas penerbitan perguruan tinggi sangat penting di UIN MY Batusangkar, apalagi kini sudah bertransformasi dari institut menjadi universitas.
“Dengan resminya menjadi anggota IKAPI akan memberikan nilai tambah untuk kampus, karena pada dasarnya kualitas penerbitan perguruan tinggi adalah cerminan dan indikator kualitas lembaga yang menaunginya, dan juga akan membantu akreditasi program studi dan lembaga”, ujarnya.

Lebih lanjut, Prof. Marjoni mengatakan, kredibilitas penerbit dapat dilihat dari keikutsertaannya pada asosiasi atau organisasi resmi yang kompeten, ketika lembaga penerbitan masuk jadi anggota suatu asosiasi akan ada proses tukar pengalaman dan upgrading, nantinya output yang dihasilkan juga akan jadi lebih baik.
“Dengan adanya penerbit yang kredibel, profesional, dan akuntabel penulis yang dapat diakomodir akan bertambah, tidak terbatas pada civitas akademik UIN MY Batusangkar saja, tetapi juga penulis dari luar kampus kita”, tegas guru besar bidang fisika tersebut.

Dirinya berharap seluruh civitas akademika bisa lebih semangat dalam berkarya dan menerbitkan karyanya di LP2M melalui UIN MY Batusangkar Press, mengingat lembaga penerbitan yang kita kelola sudah semakin kredibel dan akuntabel.
Disamping itu, buku yang bisa diklaim sebagai karya khususnya bagi dosen yang mendapatkan poin di Dikti hanyalah yang terdaftar di IKAPI. Pertimbangan inilah yang kemudian menjadi salah satu dasar inisiatif LP2M untuk mendaftar sebagai anggota IKAPI,“ tegas Marjoni.

Baca Juga :  Perusahaan Start-Up Karya Putra Tanah Datar Segera Launching

Dengan bergabungnya penerbit buku UIN MY Batusangkar Press telah memperoleh pengembangan profesionalitas mengenai perbukuan dengan aneka event yang diadakan oleh IKAPI, seperti seminar, lokakarya serta berbagai pelatihan. Selain itu penerbit juga memiliki perlindungan kode etik bisnis pada penerbitan buku dan juga bantuan hukum (advokasi) terhadap berbagai masalah terkait perbukuan.

Terima kasih dan selamat untuk tim LP2M UIN MY Batusangkar Press, Bapak Yoserizal dan Bapak Hebby Rahmatul Utamy dibawah arahan dan bimbingan Bapak Muhammad Fazis (Ketua LP2M 2020-2022) serta Ibu Venny Haris dan Bapak Syaiful Marwan (Sekretaris dan Kapuslitpen LP2M 2020-2022),” tutup rektor.

Penulis: Doni
Editor: Redaksi Jurnal Minang
Print Friendly, PDF & Email