News  

TSR IV Kunjungi Jorong Padang Data, Kec. Tanjung Emas

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Kehadiran Tim Safari Ramadhan (TSR) IV kabupaten Tanah Datar disambut antusias masyarakat Jorong Padang Datar, Nagari Tanjung Barulak, kecamatan Tanjung Emas, terlihat dengan penuhnya masjid oleh jamaah, Kamis (7/4) di Masjid Tarhim. Kegiatan diawali dengan berbuka bersama dan dilanjutkan sholat magrib, isya, tarawih berjamaah dan ceramah agama.

TSR IV yang dipimpin Dandim 0307 Tanah Datar diwakili Koramil Tanjung Emas, Wakil Ketua Tim Kepala Dinas Perhubungan, Kepala BPCB Sumbar Riau Kepri, penceramah, Bagian Kesra dan Bagian Prokopim Setda Tanah Datar serta wartawan. Turut hadir Sekretaris Camat Tanjung Emas, Forkopimca, Walinagari Tanjung Barulak dan ratusan jamaah masjid Tarhim Padang Datar Tanjung Barulak.

Pengurus Masjid Tarhim Hendri Mangkuto Sirajo sampaikan masjid ini berdiri th 1978. Untuk pembangunan yang direncanakan masih ada yang belum terselesaikan diantaranya tempat parkir sekaligus untuk sholat Idul Fitri diharapkan bantuan dari pemerintah daerah.

Hendri juga harapkan lampu jalan sudah lama mati dan sudah dilaporkan tapi sudah 5 hari Ramadhan belum juga ditindak lanjuti instansi terkait serta perlu bantuan saluran air bersih PDAM untuk masyarakat dan kebutuhan berwuduk.

Sekretaris Walingari Tanjung Barulak Syahrul juga tambahkan selain air bersih masyarakat juga harapkan perbaikan ataupun pembangunan irigasi untuk lahan pertanian. Sebelumnya juga disampaikan terimakasih atas kunjungan tim safari Ramadhan.

Menanggapi aspirasi dari masyarakat, Wakil ketua Tim Kepala Dinas Perhubungan Nusyirwan sampaikan untuk lampu penerangan jalan secepatnya akan diturunkan anggota dan perbaikan ini langsung dibawah kewenangan kami Dinas Perhubungan.

Selanjutnya masalah air bersih yang bersumber dari PDAM yang tidak mencukupi dan pembangunan masjid akan disampaikan kepada instansi terkait, namun demikian juga diharapkan partisipasi dari masyarakat.

Baca Juga :  Menyusuri Jejak Rumah Nenek Mega di Indrapura

Nusyirwan juga sampaikan pemerintahan Tanah Datar turunkan 20 tim ke 40 masjid secara serentak pada tanggal 6 dan 7 April 2022 dengan tujuan mempererat silaturrahmi, menyampaikan informasi dan menyerap aspirasi langsung kepada masyarakat. “alhamdulilah masyakat menyambut baik dan menyampaikan aspirasi kepada tim untuk mengetahui apa yang diharapkan masyarakat,” ucapnya.

Nusyirwan sampaikan beberapa progul sudah dilounching diantaranya bajak gratis, makan randang, satu nagari satu iven, satu rumah satu hafizh, untuk itu diharapkan dukungan dari masyarakat dengan tujuan mensejahterahkan masyarakat menju Tanah Datar Madani.

Selain itu, program pelayanan publik sudah bisa dilakukan secara online menggunakan handpone android dan untuk cetak KTP dan dokumen kependudukan bisa dilakukan di kantor walinagari dan kantor camat terdekat, terangnya.

Diakhir sambutan, bupati juga mengajak untuk mengisi bulan Ramadhan dengan kegiatan keagamaan, generasi muda untuk meramaikan masjid Insyaallah tahun 2024 mendatangkan Kecamatan Tanjung Emas menjadi tuan rumah MTQ tingkat kabupaten dan menghimbau kepada pemilik rumah makan dan warung untuk tutup di siang hari dan menjaga ketenteraman.

Kegiatan diakhiri dengan ceramah agama yang disampaikan Dodi Hendra dengan tema “Buah Keikhlasan Dalam Beribadah dan Berbuat Baik.”

Pada kesempatan tersebut diserahkan bantuan sebesar Rp. 10 juta, buku fiqih satu set, buku syarah satu set kepada pengurus Masjid Tarhim Tanjung Barulak. (KD/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email