Tiga Usulan WBTB dari Tanah Datar Masuk Nominasi Nasional

Tanah Datar, Jurnalminang.com. News&Web TV. Tiga warisan budaya dari Tanah Datar kembali masuk nominasi nasional untuk ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia. Tinggal menunggu sidang tim dari Kemendikbud pada tgl 27 Oktober 2021 melalui zoom meeting sekaligus tanya jawab dengan para maestro masing masing kebudayaan tersebut.

Ketiga warisan budaya yang masuk nominasi tersebut adalah 1) Kawa Daun Pariangan, 2) Bansi Andaleh, dan 3) Talempoang Pacik Pariangan.

“Tanah Datar meraih nominasi terbanyak tahun ini dibandingkan dengan kabupaten/kota lain yang ada di seluruh Sumatera Barat. Semoga sukses semuanya” ujar Pramono, P.hD yang merupakan Tim Ahli dari provinsi yang datang langsung ke Tanah Datar untuk memberikan arahan, Jumat, 22 Oktober 2021.

Para maestro yang telah mengkaji dan akan menampilkan skill budaya tersebut adalah Aswardi Sutan Tumangguang untuk maestro talempoang Pacik Pariangan, Nazirwan Gindo Malano sebagai praktisi dan pelestari Bansi Andaleh Baruah Bukik.

Sedangkan untuk kajian sejarah, budaya dan tradisi Kawa Daun Pariangan diteliti oleh Irwan Malin Basa yang pada tahun lalu juga berhasil mengusulkan pacu Jawi sebagai WBTB milik Tanah Datar.

Kabid Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar Abrar Mukhlis, SE merasa senang dan bersyukur atas capaian ini. “kami akan memfasilitasi para maestro ini untuk menampilkan masing masing kebolehan nya di Padang nanti” ujar Abrar Mukhlis.

Setelah memberikan arahan di Tanah Datar, Tim Ahli dari provinsi beserta tim dari Dinas Kebudayaan provinsi menuju Lima Puluh Kota untuk melakukan pendampingan WBTB ini.

“saya berharap dukungan dan doa dari seluruh masyarakat Tanah Datar. Semoga Tanah Datar dapat meraih tiga WBTB tahun ini” ujar Irwan Malin Basa ketika berbincang dengan media ini di kantor Dikbud Tanah Datar. (Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600