Tiga Tradisi Budaya dari Tanah Datar Diusulkan Menjadi WBTB

  • Bagikan
banner 468x60

Tanah Datar, Jurnal Minang.Com. News&Web TV. Tiga tradisi dan warisan budaya dari Tanah Datar diusulkan kembali untuk ditetapkan menjadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia melalui Dinas Kebudayaan Prov Sumatera Barat. Ketiga objek tersebut adalah Kawa Daun, Talempong Pacik Pariangan dan Bansi.

Hal ini disampaikan oleh Kabid Kebudayaan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar Abrar Mukhlis, SE ketika berbincang dengan media ini di sela kesibukan beliau, Rabu, 9 Juni 2021.

banner 336x280

“Hari Senin tgl 14 Juni sd 16 Juni 2021 akan diadakan pembekalan dan upaya pemutakhiran data tentang ketiga objek tersebut. Acara akan dilaksanakan di Padang dan difasilitasi oleh Dinas Kebudayaan Prov Sumatera Barat” jelas Abrar.

Pada acara tersebut para maestro atau ahli dalam bidang tersebut diundang ke Padang. Mereka adalah Aswardi Sutan Tumangguang (Kawa Daun), Nazirman (Bansi) dan Afrinal (Talempoang Pacik). Selain itu seorang penggiat budaya juga diundang yaitu Irwan Malin Basa yang juga sebagai seorang maestro Pacu Jawi yang sudah ditetapkan oleh Kemendikbud RI tahun lalu.

Dikbud Tanah Datar juga akan mendampingi dan memfasilitasi keberangkatan peserta ini. Mereka akan bekerjasama secara team untuk melengkapi bahan dan data yang masih kurang.

“Untuk memperoleh penetapan WBTB dari Kemendikbud RI bukanlah perkara mudah. Banyak hal yang harus dilakukan. Misalnya, menggali sejarahnya, manfaatnya, foto dan videonya serta seluk beluk kajian tentang objek tersebut secara ilmiah. Kemudian diteliti dan dikaji pula oleh para pakar yang ditunjuk oleh Kemendikbud RI” jelas Irwan Malin Basa yang sukses tahun lalu menjadikan Pacu Jawi sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia milik Kabupaten Tanah Datar.

Semoga saja ketiga objek yang diusulkan sekarang bisa memperoleh WBTB karena sudah masuk nominasi. WBTB adalah sebuah pengakuan bahwa tradisi dan budaya tersebut benar benar milik kita. (Red/Jm).

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan