News  

Tanah Datar Ungguli Kabupaten/Kota Lain pada Sidang WBTBI Tahun 2021

Padang, Jurnalminang.com. News&Web TV.  “Kabupaten Tanah Datar ungguli seluruh kabupaten/kota lain di Sumbar pada ajang Sidang Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (WBTBI) tahun ini.” Demikian dikatakan oleh Tim Ahli WBTBI provinsi Sumbar Pramono, P.hD pada acara pra sidang WBTBI di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Kamis 28 Oktober 2021.

Tahun ini Sumbar mengusulkan 17 karya budaya untuk ditetapkan oleh tim dari Kemendikbudristek RI. Namun yang masuk nominasi hanya 15 karya budaya. Dari 15 karya budaya tersebut 3 dari Tanah Datar sedangkan kabupaten/Kota lain hanya 1 karya budaya.

Karya budaya dari Tanah Datar yang akan disidangkan hari ini melalui zoom meeting bersama maestro masing masing adalah: Talempoang Pacik.  Maestronya adalah Aswardi Sutan Tumangguang dari Nagari Pariangan. Kemudian Bansi. Maestronya adalah Nazirwan Gindo Malano dari Andaleh, Kec. Sungayang.  Berikutnya adalah Kawa Daun Pariangan. Maestro dan peneliti nya adalah Irwan Malin Basa.

“mudah mudahan ketiga karya budaya dari Tanah Datar ini lolos dan ditetapkan menjadi WBTBI oleh tim dari Kemendikbudristekdikti RI sehingga Tanah Datar semakin kaya dengan karya budaya yang harus dilestarikan dan menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan” ujar Abrar Mukhlis Kabid Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar.

Selain dari Tanah Datar, ada juga randang paku dari Dharmasraya, Saluang, gamad, Gandang Tasa, Tanun Kubang dll.

“kami mohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat Tanah Datar agar kami bisa sukses dalam presentasi sore ini” harap Irwan Malin Basa. (Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Jambore Kader PKK Tanah Datar Resmi Dibuka Oleh Bupati
banner 120x600