Tanah Datar Tidak Termiskin, Tapi Masih Banyak Orang Miskin

IMG 20230125 144238
IMG 20230125 144238

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Kabupaten Tanah Datar menempati posisi ke-4 kabupaten/kota dengan angka penduduk miskin terendah se-Sumatera Barat Tahun 2022. Hal tersebut berdasarkan data BPS tentang Data dan Informasi Kemiskinan Kabupaten/Kota di Indonesia Tahun 2022 yang dirilis dalam laman resminya www.BPS.go.id pada 30 November 2022 lalu.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tanah Datar Chardiman. Ia menyebut hal tersebut menampik informasi terkait Tanah Datar yang disebut menjadi salah satu dari 5 daerah termiskin di Sumbar.

“Ada informasi yang beredar terkait angka kemiskinan Tanah Datar yang menyebut Tanah Datar nomor 5 tertinggi di Sumbar, saya rasa itu keliru, informasi yang disampaikan itu berdasarkan nomor urut kabupaten/kota yang ada di BPS lewat laporan “Data dan Informasi Kemiskinan Kabupaten/Kota di Indonesia Tahun 2022”. Itu bukan urutan tertinggi ke terendah, BPS tidak mengurutkan kabupaten/kota berdasarkan angka kemiskinan,” ujar Chardiman pada Rabu (25/1/2023).

Ia menjelaskan Tanah Datar justru memiliki persentase angka penduduk miskin yang rendah. Jika diurutkan, kata dia, Kabupaten Tanah Datar berada di angka 4 terendah angka penduduk miskin se-Sumbar, sama dengan Kota Padang.

“Angka kemiskinan Tanah Datar justru rendah, ini bagus sekali angkanya, jika dibandingkan dengan seluruh kabupaten yang ada di Sumbar, Tanah Datar ini paling rendah. Kalo dimasukkan kota, Tanah Datar berada di angka 4 terendah se-Sumatera Barat, persentasenya sama dengan Kota Padang” terangnya.

Berikut 5 kabupaten/kota dengan angka penduduk miskin terendah di Sumatera Barat berdasarkan rilis BPS berjudul “Data dan Informasi Kemiskinan Kabupaten/Kota di Indonesia Tahun 2022” hasil perhitungan dari data Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) periode Maret 2022:

  1. Kota Sawahlunto
    Kota Sawahlunto menjadi daerah dengan angka penduduk miskin terendah di Sumatera Barat dengan persentase sebesar 2,28 persen.2. Kota Solok
    Besaran persentase angka penduduk miskin di kota ini adalah 3,02 persen.
  2. Kota Pariaman
    Berada di urutan ke-3 terendah, Kota Pariaman memiliki persentase angka penduduk miskin sebesar 4,13 persen.
  3. Tanah Datar dan Kota Padang
    Kabupaten Tanah Datar dan Kota Padang berada di urutan ke-4 persentase angka penduduk miskin terendah di Sumbar dengan 4,26 persen.
  4. Kota Bukittinggi.
    Besaran persentase angka penduduk miskin di kota ini adalah 4,46 persen.
Baca Juga :  Netizen Berharap "Lord Adi" MasterChef Indonesia Buka Restauran di Tanah Datar

Sementara itu, 5 kabupaten/kota dengan angka penduduk miskin tertinggi di Sumbar adalah:

1. Mentawai dengan persentase angka penduduk miskin 13,97 persen.

2. Solok dengan persentase angka penduduk miskin 7,12 persen.

3. Pesisir Selatan dengan persentase angka penduduk miskin 7,11 persen.

4. Pasaman Barat dengan persentase angka penduduk miskin 6,93 persen, dan,

5. Pasaman dengan persentase angka penduduk miskin 6,85 persen.

Penulis: Kasdi Ray
Editor: Redaksi Jurnal Minang
Print Friendly, PDF & Email