News  

Tanah Datar Raih Tiga Penghargaan WBTBi dari Mendikbud RI

Jakarta, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Prestasi demi prestasi diraih oleh Kabupaten Tanah Datar. Hari ini, Selasa, 7 Desember 2021, tiga penghargaan sekaligus diperoleh melalui Penetapan Warisan Budaya Tak Benda Indonesia (WBTBi) dari Kemendikbud dan Ristekdikti RI di Jakarta.

Penghargaan tersebut adalah penetapan Kawa Daun Pariangan sebagai produk budaya milik Tanah Datar. Berikutnya adalah Bansi sebagai alat musik tiup dan yang ketiga adalah Talempoang Pacik Pariangan.

Pada penyerahan sertifikat bergengsi ini para maestro langsung diundang ke Jakarta yaitu Irwan Malin Basa, Nazirwan Gindo Malano dan Aswardi Sutan Tumangguang. Didampingi pula oleh Riswandi, M.Pd Kadis Dikbud Tanah Datar, Abrar Mukhlis, SE Kabid Kebudayaan Tanah Datar serta Masrizal sebagai Kasi Sejarah. Dari provinsi didampingi oleh Aprimas, M.Pd sebagai Kabid Pelestarian dan Perlindungan Kebudayaan.

“terimakasih atas dukungan semua pihak. Terutama kepada Bupati dan wakil Bupati Tanah Datar, DPRD Tanah Datar, Dikbud Tanah Datar, Dikbud Sumbar dan seluruh pihak yang sudah mendukung kesuksesan ini” ungkap Irwan Malin Basa ketika dihubungi Jurnal Minang.

Semoga saja seluruh penghargaan tersebut bisa dikembangkan untuk kemajuan dan pelestarian kebudayaan serta memberi dampak ekonomi kepada masyarakat. (Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  IAIN Batusangkar Tergabung dalam SMM PTN Wilayah Barat
banner 120x600