News  

Tanah Datar Raih Juara II PPD tahun 2022

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Pemerintah Kabupaten Tanah Datar kembali merebut penyusunan Rancangan Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) penghargaan Pembangunan Daerah Sumbar. Tahun ini, Tanah Datar di posisi terbaik II penghargaan tingkat provinsi itu. Penghargaan diperoleh atas inovasi Tanah Datar “Gerbang Emas: Gerakan Pembangunan Ekonomi Masyarakat.” 

Trofi dan piagam penghargaan diserahkan Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldi kepada Asisten II Setda Tanah Datar Perekonomian dan Pembangunan Abdul Hakim, SH mewakili Bupati Tanah Datar dan disaksikan Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah dalam acara Musrembangprov Sumbar di Hotel Pangeran, Senin (28/3/2022). 

Kegiatan ini dihadiri Gubernur, Wakil Gubernur, Kemendagri, Bappenas dan 3 orang Dubes yang dihadiri secara virtual. Ketiganya Dubes Indonesia untuk Ethiopia, Vietnam dan Belanda yang merupakan putra asal Sumbar. 

Penghargaan Pembangunan Daerah merupakan bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah yang berprestasi dalam menghasilkan perencanaan secara lebih baik, konsisten, komprehensif, terukur, dan dapat mencapai target-target pembangunan daerah.

Adapun kriteria yang dinilai adalah rencana Kerja Pembangunan Daerah RKPD tahun 2021.  Sementara itu, hal-hal yang dinilai adalah dokumen RKPD, lnovasi dan Presentasi. 

Kepala Baperlitbang Kabupaten Tanah Datar Dr.Alfian Jamrah, M.Si berharap penghargaan tersebut dapat membuat perencanaan lebih baik dan berkualitas. 

“Untuk dapat menindaklanjuti RPJPD, RPJMD 2021-2026. Juga dapat menjawab kebutuhan masyarakat,” katanya. 

Sebelumnya, berturut-berturut Tanah Datar mendapat penghargaan sebagai berikut, juara 1 sumbar 15 terbaik nasional tahum 2017, juara 1 sumbar 10 nasional tahun 2018, juara 1 sumbar dan terbaik pertama nasional dari 420 kabupaten tahun 2019. 

Kemudian, juara 1 Sumbar 10 nasional tahun 2020, kemudian juara 2 Sumbar tahun 2022. Penilaian tahun 2021 ditiadakan akibat pandemi Covid-19. 

Posisi pertama PPD 2022 tahun ini adalah Pasaman, kemudian setelah Tanah Datar menyusul Agam, 50 Kota dan Padang Pariaman. 

Baca Juga :  Bupati Tanah Datar Lantik Pejabat Fungsional dan PPPK

Sementara itu, untuk kategori kota, yang memimpin adalah Kota Payakumbuh, diikuti Padang Panjang, lalu Bukittinggi. (KD/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600