News  

Tanah Datar Luncurkan Program Makan Rendang

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Bupati Tanah Datar Eka Putra mengharapkan, program makan rendang di Tanah Datar ini untuk membantu mengembangkan UMKM dan kelompok-kelompok usaha dengan tujuan  memberantas rentenir yang marak di Tanah Datar.

Demikian dikatakan Bupati  Eka Putra ketika luncurkan Program Makan Rendang di Tanah Datar, Rabu (2/3/2022). Program unggul ini digelar di Gedung Maharajo Dirajo Batusangkar dan dihadiri Staf ahli Gubenur Sumbar dan Seluruh Perangkat Daerah (OPD), juga Anggota DPRD kabupaten Tanah Datar. 

Para pelaku UMKM ataupun masyarakat bisa mendapatkan pinjaman maksimal Rp10 juta dengan bunga 3% pertahun, tanpa syarat agunan tambahan, cukup dengan bukti memiliki usaha yang layak untuk dibiayai,” ujarnya.

Bupati Eka Putra berharap, ke depan program yang bekerjasama dengan Bank Nagari Batusangkar dapat berjalan maksimal, bukan hanya kegiatan seremonial belaka, namun mesti sesuai dengan realita.

“Dengan membantu mengembangkan kelompok-kelompok yang ada, dan membantu pemasaran produk-produk yang dihasilkan oleh kelompok usaha juga membantu dengan modal dasar melalui UMKM, mudah-mudahan Rentenir ini, bisa kita atasi,” ungkapnya.

Eka Putra juga berharap dukungan segala pihak untuk mendukung program unggulan yang akan membantu Ekonomi masyarakat kedepannya.

Kepala Cabang Bank Nagari Batusangkar Fauzan menyampaikan, beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk Program Makan Rendang.

“Kriterianya adalah, merupakan pelaku usaha mikro yang menjalankan usaha ekonomi produktif di sektor apa saja yang tidak sedang menerima fasilitas pinjaman dari lembaga lain, baik program ataupun non-program dan pelaku berdomisili di Tanah Datar,” katanya.

Sedangkan untuk persyaratannya, tambah Fauzan, berupa foto copy KTP Suami dan Istri, Foto Copy Kartu Keluarga, Foto Copy Surat Nikah, Pas Photo dan Nomor Induk Berusaha (NIB) yang dikeluarkan pemerintah. (KD/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600