Tak Hanya Berikan Alsintan, Hendra Irwan Rahim Bangun Jalan Usaha Tani untuk Keltan

Tanah Datar, Jurnal Munang.com. News&Web TV. Anggota DPRD Provinsi Sumbar dari Fraksi Golkar, Ir. H. Hendra Irwan Rahim, MM tak hanya menyalurkan 18 (delapan belas) unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada 18 Kelompok Tani yang sudah ditentukan alokasi penyalurannya oleh Pemkab Tanah Datar pada Senin, 17 Oktober 2022 lalu, namun sebelumnya juga telah menyalurkan dana pokirnya untuk pekerjaan pembangunan Jalan Usaha Tani (JUT) di Kelompok Tani Sawah Bandar, Nagari Lima Kaum, Kecamatan Lima Kaum.

Pembangunan JUT ini merupakan kegiatan Penataan Prasarana Pertanian dari Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultural pada Pemerintahan Provinsi Sumatera Barat Tahun Anggaran 2022 dengan sumber dana dari APBD Provinsi Sumatera Barat senilai Rp. 198.781.000.-.

Ketua Kelompok Tani Sawah Bandar, Yasrizal menyampaikan bahwa pekerjaan JUT ini sudah diharapkan sejak bertahun tahun lalu guna memudahkan dan mempercepat akses transportasi hasil pertanian, memudahkan angkut pupuk dan alat pertanian serta turut membantu menekan biaya produksi pertanian.

Muhammad Intania, Sekretaris Kelompok Tani Sawah Bandar menambahkan bahwa dengan keberadaan JUT ini nantinya akan turut menambah nilai guna areal persawahan kelompok tani ini sebagai destinasi wisata tani dan wisata alam serta juga dapat dipakai sebagai area rekreasi sambil bersepeda atau jogging mengitari areal persawahan.

Pekerjaan pembangunan JUT ini berdasarkan Nomor SPK 903/6605/DPA-SKPD/2022 tanggal 30 Juli 2022 yang mulai dikerjakan oleh pelaksana CV. Mustika Utama pada awal Agustus 2022 dengan waktu penyelesaian 60 (enam puluh) hari. Saat ini progress pekerjaan terlihat sudah 90% selesai dan diharapkan pada tanggal 24 Oktober 2022 sudah selesai sepenuhnya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas koordinasi dan bantuan yang diberikan oleh Herman Sugiarto, SH, anggota DPRD Tanah Datar dari Fraksi Perjuangan Golkar yang sudah memfasilitasi komunikasi dengan sekretariat Fraksi Golkar DPRD Provinsi Sumbar sehingga pekerjaan pembangunan JUT ini dapat terlaksana pada tahun 2022 ini sesuai target” tutur Muhammad Intania menutup pemberitaan ini. (MI/Red.Jm)

Baca Juga :  Pisah Sambut Kajari Tanah Datar: Dari Hardijono Sidayat kepada Otong Hendra Rahayu
Print Friendly, PDF & Email