SMPN 1 Batusangkar Serius Siapkan Siswa Untuk Ikuti KOPSI th 2021

  • Bagikan
banner 468x60

Tanah Datar, Jurnal Minang.Com. News&Web TV. SMPN 1 Batusangkar benar benar serius untuk mempersiapkan siswanya dalam mengikuti Kompetisi Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (KOPSI) th 2021 ini. Seperti pada foto di atas siswa dan guru pembimbing dari SMPN 1 Batusangkar melakukan penelitian di Nagari Tuo Pariangan pada Minggu, 25 Juli 2021.

Pada acara penelitian lapangan tersebut turut hadir Kepala SMPN 1 Batusangkar Yuhardi, S.Pd., MM. “Ada tiga orang siswa yang disiapkan untuk mengikuti tiga cabang KOPSI ini. Pertama, bidang Sosial, Kemanusiaan dan Seni. Kedua, bidang IPA dan Biologi dan ketiga, bidang Teknik dan Rekayasa” ujar Kepsek tersebut.

banner 336x280

Untuk bidang sosial, kemanusiaan dan seni akan diikuti oleh Mutia Lasenja Adelia yang mengangkat tema Sejarah dan Nilai Pacu Jawi di Minangkabau. “Penelitian ini akan mengungkap bagaimana sejarah pacu Jawi dan apa saja nilai nilai yang ada di dalamnya” ujar Julmasdis, S.Pd yang dipercaya sebagai guru pembimbing.

Sebagai narasumber dicari langsung ke nagari Pariangan yang dikenal sebagai Desa Terindah di Dunia. Ada seorang maestro Pacu Jawi disana yang sudah banyak meneliti seluk beluk Pacu Jawi. Tradisi Pacu Jawi ini sudah ditetapkan oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia milik Kabupaten Tanah Datar pada tahun 2020 yang lalu.

“ada hal hal menarik yang belum dikaji secara rinci dalam pacu Jawi ini yaitu nilai yang terkandung di dalamnya belum banyak diketahui” ujar siswa yang meneliti tersebut ketika berbincang dengan Jurnalminang.Com.

Setelah penelitian nanti, siswa akan melaporkan penelitian nya melalui sebuah laporan terstruktur. Juga dituntut untuk membuat video presentasi serta video untuk sebuah pameran. Siswa juga dituntut untuk membuat sebuah poster yang dapat menggambarkan bagaimana sejarah dan nilai pacu Jawi ini.

Baca Juga :  Tim Dokumenter Jurnal Minang Dokumentasikan Kincir Tradisional di Pariangan

Tentu upaya ini harus didukung oleh berbagai stakeholder terkait karena akan dilombakan di tingkat nasional. Untuk menentukan pemenang panitia pelaksana KOPSI th 2021 sudah menentukan kriteria khusus dan karya siswa akan dinilai oleh tim juri yang profesional di bidangnya masing-masing. (Red/Jm).

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan