‘Silek Baluluak Bajarami’ akan Meriahkan Festival Budaya di Nagari Kumango

Batusangkar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Acara Satu Nagari Satu Event yang digelar secara marathon di Kabupaten Tanah Datar, pertengahan September 2022 ini akan menggelar Festival Silek Baluluak Bajarami di Nagari Kumango Kecamatan Sungai Tarab, Sabtu dan Minggu (17 dan 18 September 2022).

Kepala Dinas Parpora (Pariwisata, Pemuda dan Olahraga) Tanah Datar Hendri Agung Indrianto melalui Kabid Pariwisata Efrison, SE kepada media ini di Batusangkar, Jum’at (09/09/2022) menjelaskan, program unggulan Pemkab Tanah Datar di sektor pariwisata untuk kedelapan kalinya ini diharapkan lebih semarak, lebih bermakna dan lebih menguntungkan bagi masyarakat.

“Nagari Kumango yang mengangkat tema Festival Silek Baluluak Bajarami juga akan menampil seni budaya yang berbeda dengan nagari lain, panitia pelaksana sudah mengemas beraneka ragam pertunjukan silat di dalam sawah di atas lumpur dan jerami,” kata Efrison.

Kepada Panitia Pelaksana ia mengingatkan untuk tidak mengabaikan keamanan dan kenyamanan pengunjung, baik itu dalam penyediaan tempat parkir roda dua dan roda empat, maupun pelayanan umum lainnya seperti toilet tempat buang air kecil dan besar serta tempat berwudhuk dan sholat, mengingat kita menggelar acara dari pagi hingga sore dan tidak tertutup kemungkinan sampai malam.

Terkait dengan fasilitas umum ini, Camat Sungai Tarab Arianto yang ikut goro bersama anggota Polsek dan Koramil, Perangkat Nagari se Kecamatan Sungai Tarab dan warga setempat mengatakan, yang jelas kita siapkan dulu lapak untuk berjualan kuliner, tempat pertunjukan, soal tempat parkir nantik kita pikirkan pula.

Wali Nagari Kumango Iis Zamora, S.Pd mengatakan, kegiatan Festival Silek Baluluak Bajarami ini akan dibuka di depan masjid di Jorong Kumango Utara dan pertunjukan akan dipusatkan di sawah Luak Kareh Jorong Kumango Selatan. Pawai juga akan dimulai di depan masjid dan berakhir di lokasi pertunjukan silek, ujarnya. (KD/Red.Jm)

Baca Juga :  Analisis Sketsa dan Siluet Foto DarmaTani Hebat
Print Friendly, PDF & Email