News Pendidikan

Seminar Nasional Literasi HMJ Ilmu Perpustakaan UIN IB Sukses

Padang, JurnalMinang.Com. News&Web TV. Seminar Nasional tentang literasi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Perpustakaan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang berjalan lancar dan sukses. Seminar secara virtual ini diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Acara yang diselenggarakan pada Minggu tgl 1 November 2020 ini dimulai pada pukul 08.30 wib dan berakhir pada pukul 11.00 wib dengan mengangkat tema “Literasi di Sumatera Barat: Masalah dan Solusi.”  Acara yang dikomandoi oleh Dr.Danil Chaniago, MA ini sengaja mengundang penggiat literasi nasional dari Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Ivan Muhammad, M.Si serta seorang penggiat literasi Dr.(cand) Irwan Malin Basa, M.Pd yang juga seorang dosen di IAIN Batusangkar.

Ivan Muhammad memaparkan bagaimana seluk beluk literasi nasional dan apa yang harus dilakukan untuk pengembangan program literasi kedepan. Sementara Irwan Malin Basa memaparkan bagaimana persoalan literasi di Sumatera Barat selama ini dan bagaimana solusi untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut.

“Program literasi harus berdasarkan kebutuhan masyarakat, berkearifan lokal, bukan kebutuhan penggiat literasi saja” ujar Irwan Malin Basa ketika dikonfirmasi oleh media JurnalMinang.com setelah acara selesai.

Di sisi lain Irvan Muhammad menegaskan bahwa program literasi membaca dan menulis harus selalu berjalan. “Tidak ada kata menyerah untuk literasi. Jika perlu korbankan uang pribadi agar program literasi tetap lanjut” tegas Irvan Muhammad.

Kedepannya akan dijalin kerjsama antara UIN IB dengan Kementrian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI sehingga program literasi ini bisa semakin maju di masa depan. Host acara Sefri Doni dari jurusan Ilmu Perpustakaan dengan lincah memandu acara sehingga banyak pertanyaan muncul dari peserta. Meskipun waktu terbatas namun kedua narasumber menjawab semua pertanyaan peserta yang beragam dari daerah masing masing.

Harapan kedepannya tentu acara seperti ini tetap berlanjut dan bisa dilakukan oleh HMJ khususnya dan oleh kampus kampus lain umumnya. Literasi adalah tanggung jawab kita semua. Dan literasi bisa menangkal hoax serta dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (Red.JM).

Related posts

MPTD Bersama Forum Wali Nagari dan DPRD Usulkan Tambahan BST

Admin Jurnal Minang

Bupati Irfendi Arbi Langsung Bantu Usman Kursi Roda

Admin Jurnal Minang

Wabup Tanahdatar Hadiri Pengukuhan Pemangku Adat

Admin Jurnal Minang

Leave a Comment