Sembilan orang Penghulu di Nagari Padang Magek Dilewakan, Bupati Berikan Sambutan

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Bupati Tanah Datar Eka Putra diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PMD PPKB) Nofenril bersama Camat Rambatan Ikrar Pahlepi hadir dan menyaksikan prosesi Malewakan Gala sembilan kepala kaum dari empat pasukuan di Nagari Padang Magek, Kecamatan Rambatan di Balai Adat Nagari Padang Magek, Minggu (9/10).

Dalam sambutannya Bupati Tanah Datar menyampaikan ucapan selamat sekaligus doa dan dukungan dari Bupati Tanah Datar kepada seluruh Pemangku Adat yang dikukuhkan.

Pengukuhan sembilan Datuak Niniak Mamak sebagai kepala kaum oleh Kerapatan Adat Nagari Padang Magek merupakan langkah awal yang sangat positif dalam rangka mengayomi dan membimbing seluruh anak kamanakan pada kaum masing-masing.

“Agar lebih baik dalam mengaktualisasikan hajat hidup sebagai anak kamanakan dan anak nagari sesuai ketentuan adat dan undang yang berlaku,” katanya.

Nofenril juga memotivasi sembilan kepala kaum tersebut agar bertekad melaksanakan tugas dan fungsinya terhadap anak kamanakan dan Nagari Padang Magek dengan semestinya.

Turut mendampingi Bupati , Forkopimca, Ketua LKAAM Kecamatan Rambatan, Wali Nagari Padang Magek dan Ketua BPRN Nagari Padang Magek bersama tokoh dan pemuka masyarakat Nagari Padang Magek.

Dandim 0307 Tanah Datar turut hadir dan mengikuti rangkaian prosesi malewakan gala Kapten Maldison Danramil 11 Tanjung Emas yang dikukuhkan sebagai Kepala Kaum Suku Supanjang yang bergelar Datuak Cumano.

Sembilan Datuak Niniak Mamak yang dikukuhkan tersebut yakni tiga kepala kaum dari Suku Malayu terdiri dari Datuak Rangkayo Mulie, Datuak Jo Nan Sati dan Datuak Mangkuto Jo Lelo, tiga kepala kaum lagi dari Suku Supanjang terdiri dari Datuak Gamuak dan dua kepala kaum bergelar Datuak Cumano, dua kepala kaum lainnya dari Suku Bodi Jantan terdiri dari Datuak Manti dan Datuak Marajo, sementara satu kepala kaum dari Suku Bodi Batino bergelar Datuak Elo.

Baca Juga :  Risnawanto Minta Camat dan Wali Nagari Sosialisasikan Lagi Surat Edaran PPKM

Pada kesempatan itu, Kerapatan Adat juga menyiarkan kepada publik nagari seluruh pendamping panghulu atau gala mudo dari sembilan Datuak Niniak Mamak tersebut yang akan bertugas membantu kepala kaum dalam berbagai bidang dan urusan sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Adapun rangkaian acara diawali dengan prosesi bararak dari rumah gadang masing-masing menuju Masjid Tawakkal guna melaksanakan ibadah sunnah sebagai tanda dimulainya sebuah tugas mulia.

Selanjutnya rombongan berarak menuju Balai Adat Nagari Padang Magek untuk mengikuti prosesi acara puncak berupa pengukuhan dan pengucapan sumpah di hadapan Kerapatan Adat dan Jajaran.Kegiatan itu sendiri tuntas pada pukul 15.00 WIB.

Keluarga Besar Kantor Camat Rambatan bersama seluruh Jajaran Pemerintahan Kecamatan mengucapkan selamat kepada sembilan Datuak Niniak Mamak yang dikukuhkan beserta anak kamanakan masing-masing.

Semoga bergantinya pucuk pimpinan adat kaum akan memberi banyak hal baik dan positif bagi seluruh keluarga besar dan Nagari Padang Magek. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600