Seluruh Anak Yatim di Pariangan Terima Uang Santunan dan Baju Batik

  • Bagikan
banner 468x60

Batusangkar, jurnalminang.com. Seluruh anak yatim di Pariangan yang masih duduk di bangku SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi menerima santunan berupa uang dan baju batik bermotif kearifan lokal asli Minangkabau. Bantuan ini diberikan pada hari Jumat tgl 15 Mei 2020 di Mesjid Ishlah Pariangan. Acara yang cukup meriah ini dimulai sekitar pukul 21.00 s/d 22.30 wib.

Uang santunan anak yatim ini dikumpulkan melalui sumbangan masyarakat secara kolektif dan terkumpul sebanyak Rp.29.200.000. Semuanya dibagi habis untuk sebanyak 33 orang anak yatim di Pariangan. Sedangkan uang dalam amplop yang diberikan khusus oleh pribadi-pribadi tertentu untuk anak yatim tersebut isinya bervariasi sesuai dengan permintaan dari pemberi santunan.

banner 336x280

Pada pembukaan acara ini Ketua Pengurus Mesjid Ishlah Pariangan Suherdi, S.Ag atau biasa dipanggil “Buya” ini menyampaikan rasa syukur yang sangat dalam serta terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah memberikan sumbangan. Betapa tidak, di tengah wabah virus Corona serta situasi ekonomi yang semakin susah ini masih banyak anggota masyarakat baik di kampung maupun di rantau yang mau berbagi rezeki dengan anak yatim khususnya di jorong Pariangan.

Yang menarik pada acara pemberian santunan ini adalah adanya bantuan berupa baju batik bermotif khas Minangkabau dan asli dari Pariangan untuk seluruh anak yatim serta pengurus anak yatim di jorong Pariangan. Bantuan ini diberikan oleh Dr (can) Irwan Malin Basa,M.Pd yang merupakan putra Pariangan yang menemukan serta mengembangkan motif batik ini semenjak tahun 2017 yang lalu. Beliau adalah pemilik Hak Kekayaan Intelektual (HKI) serta Hak Paten dari 25 jenis motif batik tersebut.

“Seluruh siswa SD dan SMP di Tanah Datar sudah memakai baju batik bermotif asli Minangkabau ini” ucap Irwan Malin Basa dalam sambutannya. Terlihat wajah bahagia dari seluruh anak yatim yang hadir. Acara ini dihadiri oleh seluruh pengurus anak yatim Pariangan yang selalu kompak dan tanpa kenal lelah dalam mengurus anak yatim Pariangan. Pengurus diketuai oleh Eri Usman Sutan Sipado serta dihadiri oleh unsur Ninik mamak dan pengurus mesjid Ishlah Pariangan.

Baca Juga :  Dinas Kebudayaan Prov. Sumbar Bekali Calon Maestro WBTB Th 2021

Acara penyerahan santunan ini dilanjutkan dengan pembentukan panitia pengumpulan zakat fitrah di mesjid Ishlah Pariangan serta menentukan siapa saja yang berhak menerima zakat fitrah tersebut. Dalam penutupan acara ini seluruh pengurus berdoa semoga bantuan yang sudah diberikan ini bermanfaat dan kepada seluruh donatur semoga mendapatkan balasan yang setimpal dan menjadi amal ibadah bagi mereka. (ADM)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan