News  

Sambil Malewakan Gala, Benda-benda Pusaka Minangkabau Diserahkan Kembali oleh Kapolda Sumbar

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Prosesi malewakan gala di Istano Basa Pagaruyung dimulai dengan Kapolda Sumbar menyerahkan benda pusaka Raja-Raja Minangkabau. Kapolda Sumbar, Irjen Pol Teddy Minahasa Putra yang bergelar Tuanku Bandaro Alam Sati beserta istri malewakan gelar adatnya di Istano Basa Pagaruyung, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar, Jumat (1/7/2022).

Terkait benda pusaka yang diserahkan itu, Irjen Pol Teddy Minahasa menerangkan bahwa hal tersebut benar-benar merupakan suatu amanah baginya untuk dilaksanakan.

Pada kesempatan itu, Irjen Pol Teddy Minahasa dalam sambutannya menyampaikan rasa terhormat dan mengucapkan terima kasih, apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas pemberian gelar adat Minangkabau kepada mereka berdua.

Apalagi, sebutnya, gelar adat ini merupakan gelar adat di Minangkabau dan sesuatu yang sangat mahal, sehingga dirinya beserta keluarga merasa terhormat mendapatkan gelar tersebut
Gelar adat itu yakni ,Tuanku Bandaro Alam Sati untuk Irjen Pol Teddy Minahasa, sedangkan istrinya mendapatkan gelar Puti Sibadayu.

“Pagi ini, kami berdua sungguh merasa sangat terhormat. Kami berdua akan menyertai dengan tanggungjawab yang tidak ringan untuk dapat menampilkan diri sebagai keluarga besar dunsanak dari bangsa Minangkabau yang sungguh religius, sangat toleransi dan selalu mengedepankan musyawarah untuk mufakat,” katanya. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Pemkab Tanah Datar Belum Bersikap tentang Konversi Bank Nagari Menjadi Bank Syariah
banner 120x600