Ritual Tarain dari Nagari Pariangan akan Ditampilkan untuk Dokumentasi bersama BPNB Sumbar

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Melalui kegiatan Fasilitasi Bidang Kebudayaan tahun 2022 BPNB Sumbar akan melakukan dokumentasi dan Penampilan ritual budaya Tarain yang ada di jorong Padang Panjang, Nagari Pariangan. Kegiatan akan dilaksanakan pada hari Jumat, 8 Juli 2022.

Tarain adalah sebuah ritual budaya yang bernuansa agama untuk minta hujan ketika musim kemarau berkepanjangan. Ritual ini hanya ada di jorong Padang Panjang nagari Pariangan dan sampai ini masih lestari di kalangan masyarakat setempat.

Fasilitator kegiatan ini adalah Irwan Malin Basa dan Toni Yusrizal. Outputnya adalah dokumentasi berupa foto, video dan kajian tertulis mengenai Tarain tersebut sehingga bisa dipedomani oleh generasi muda dan menjadi bahan kajian bagi peneliti dan akademisi.

“kita berterima kasih kepada masyarakat jorong Padang Panjang terutama para maestro Tarain ini. Mereka masih mengajarkan ritual budaya tersebut sampai saat ini” tutur Irwan Malin Basa kepada media di Batusangkar.

Sementara itu Katik Sinaro yang merupakan pimpinan sanggar Titiak Palito yang akan menampilkan budaya Tarain ini juga berterimakasih kepada BPNB Sumbar yang sudah membantu kegiatan ini. Juga kepada Irwan Malin Basa dan Toni Yusrizal yang memfasilitasi dan merekam kegiatan ini.

“kita berharap cuaca baik, dan masyarakat akan ramai menonton penampilan ini” ujar Toni Yusrizal.” (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Atraksi 'Lukah Gilo' Memukau Ribuan Penonton di Andaleh
banner 120x600