News  

Rektor IAIN Batusangkar bersama Bupati Lantik Guru Tahfizh Angkatan III

Tanah Datar, Jurnalminang.com. News&Web TV. IAIN Batusangkar terus menunjukan komitmen dalam mendukung program Tahfizh AlQuran. Selain Beasiswa Tahfizh yang telah memberikan kesempatan kepada lebih dari 100 mahasiswa Penghafal AlQuran, IAIN Batusangkar juga bekerjasama dengan Pemkab Tanah Datar dalam melahirkan Guru Tahfizh Profesional melalui Program Pendidikan Guru (PPG) dengan melantik 28 lulusan PPG Tahfizh angkatan III dan Pembukaan Kegiatan PPG Tahfizh angkatan IV, di Auditorium IAIN Batusangkar, Rabu (3/2/2022).

Pada kesempatan itu Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, M.Sc mengatakan IAIN Batusangkar akan terus bersinergi dalam menyukseskan program PPG Tahfizh guna mendukung percepatan Progul Satu Rumah Satu Hafiz di Tanah Datar.

“Insha Allah, IAIN Batusangkar akan terus berperan dalam menyukseskan program PPG Tahfizh, program ini berkesinambungan dengan program Satu Rumah Satu Hafizh, mudah-mudahan langkah ini dapat mewujudkan kabupaten madani yang berlandaskan ABS-SBK sesuai dengan visi yang diusung pemerintah Tanah Datar,” ujarnya.

“Kami juga mengapresiasi komitmen Pemerintah Daerah dalam mendukung IAIN Batusangkar yang insya Allah akan menjadi Universitas Islam Negeri” sebut Rektor.

Terakhir kami mengucapkan selamat kepada 28 Lulusan PPG angkatan III dan panitia yang telah bekerja dengan baik dalam kelancaran kegiatan ini.” tuturnya

Sebelumnya Pembina Tahfizh Tanah Datar H. Afrizon, S.Ag dalam laporannya menyebutkan peserta Pelantikan Guru Tahfizh Profesional PPG Tahfizh angkatan III berjumlah 28 orang, peserta Kegiatan PPG Tahfizh angkatan IV berjumlah 30 dengan masa pendidikan 60 hari dan dilaksanakan di Gedung FUAD IAIN Batusangkar.

“Kita berharap setiap peserta dapat serius menjalani PPG Tahfizh,” ujar Afrizon.

Sementara Ketua Yayasan Hj. Syarifah Ghani, H Syaiful Zein berharap program PPG Tahfizh terus dilaksanakan di setiap tahunnya,

Baca Juga :  IAIN Batusangkar Mulai Kegiatan PBAK

“Yayasan sangat mendukung program PPG Tahfizh ini, kita berharap kedepannya program ini dapat terlaksana di setiap tahunnya,” ujarnya.

Sebelum membuka secara Resmi PPG Tahfizh Angkatan IV, Bupati Eka Putra SE MM dalam sambutannya mengatakan “Terselenggaranya Program PPG Tahfizh mendukung visi Kabupaten Tanah Datar yaitu terwujudnya kabupaten madani yang berlandaskan ABS-SBK. Pemerintah Daerah akan terus berupaya mewujudkan visi tersebut melalui peningkatan pemahaman dan pengamalan agama, guna meningkatkan kualitas SDM,” ujar Bupati Eka.

Dikatakan Eka, program PPG Tahfizh telah terlaksana selama empat tahun dan di kesempatan itu ia menyerahkan sertifikat kepada PPG angkatan ketiga.

“Dengan program ini telah melahirkan guru Tahfizh yang memiliki standar dan bersertifikat dalam mengajarkan tahfizh di berbagai rumah dan pondok tahfizh,” katanya.

Diungkapkan Bupati, tahun 2022 diharapkan tetap terjadi peningkatan jumlah Rumah dan Pondok Tahfizh yang nantinya sejalan dengan jumlah penghafal Al Qur’an.

“Tahun 2021 terdata 256 Rumah Tahfizh, dan diawal tahun 2022 meningkat menjadi 262 ditambah 14 rumah Tahfizh binaan. Tentu kita harap terus bertambah guna mendukung program 1 Rumah 1 Hafiz/Hafizah,” sampainya.

Bupati Eka Putra di kesempatan itu juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu pelaksanaan Program PPG Tahfizh.

“Terima kasih atas kerjasama IAIN Batusangkar dan Yayasan Hj. Syarifah Gani Muhammad Zein dalam melahirkan guru tahfizh yang berkompeten, kualitas dan profesional. Tentu kerjasama ini diharapkan ke depan tetap dilanjutkan,” tutup Bupati. (DO/Red. Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600