Budaya Literasi Budaya News

Randai Umpan Manih Tampil Malam ini di Pagaruyung

Tanah Datar, Jurnalminang.Com. Group randai Umpan Manih dari jorong Guguak Nagari Pariangan akan tampil malam ini, Sabtu 10 Oktober 2020 di depan Istano Basa Pagaruyung. Penampilan Randai ini adalah permintaan dari TVRI Nasional untuk eksibisi dan promosi kesenian tradisional serta menghibur penonton dan didukung oleh Dinas Parpora Tanah Datar.

Randai Umpan Manih dari nagari Pariangan merupakan sebuah group randai yang sudah lama eksis. Group randai ini sudah sering menorehkan prestasi baik di tingkat lokal maupun regional. Selama ini mereka selalu rajin melakukan latihan meskipun tidak ada acara yang akan dihadiri.

Acara ini disponsori oleh TVRI Nasional serta didukung oleh Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kab. Tanah Datar. “Akan ada dua group randai yang akan tampil malam ini dan akan dishooting langsung oleh TVRI” ungkap salah seorang kru TVRI yang akan meliput. Tema cerita randai malam ini difokuskan kepada “Pemimpin yang Amanah.”

Dinas Parpora Tanah Datar memang sangat giat menampilkan serta mempromosikan kesenian tradisional Minangkabau khususnya yang berasal dari Tanah Datar. Disamping itu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar dibawah bidang kebudayaan juga sangat aktif melakukan pembinaan kesenian tradisional di Tanah Datar.

Beberapa punggawa seni yang ada di bidang kebudayaan seperti Ari dan Nazir adalah ujung tombak seni dan budaya dibawah arahan Kabid Kebudayaan Abrar Mukhlis, SE. Dan kepala Dinas Riswandi, M.Pd. Berbagai terobosan sudah mereka buat dan menghasilkan berbagai prestasi. (Red/JM).

Related posts

Wabub Ferizal Ridwan Minta, Seluruh Stafnya Bekerja Dirumah

Admin Jurnal Minang

YB Dt Parmato Alam, Pemilik Toko Tidak Pakai Masker Tidak Dilayani

Admin Jurnal Minang

Wakasad meriahkan acara Bukit Barisan Gowes Ranah Minang 2020

Admin Jurnal Minang

Leave a Comment