Produk UMKM Batik Pariangan Butuh Sentuhan Pemasaran

  • Bagikan
banner 468x60

Tanah Datar, JurnalMinang.Com. News&Web TV. Setelah cukup sukses mengembangkan dan memasarkan produk kain batik kuno Pariangan, kini UMKM Rumah Batik Pariangan mencoba membuat produk baru bermotif batik yaitu sandal, sepatu dan aneka tas yg berbalut batik. Sebelum memproduksi barang barang ini para pengrajin diberikan pelatihan yang difasilitasi oleh Dinas Koperindag Tanah Datar serta Pemerintah Nagari Pariangan.

Hasil pelatihan tersebut sudah bisa diluncurkan ke pasar dan siap bersaing dengan kompetitor yang sudah ada. “Sudah beberapa orang pengrajin kita yang bisa memproduksi sandal berbalut batik, tas bermotif batik serta aneka turunan produk batik lainya yang akan kita lempar ke pasar. Namun butuh sentuhan berbagai pihak untuk mencarikan marketnya” ujar Zelmawati yang merupakan pimpinan UMKM Rumah Batik Pariangan ketika berbincang dengan media JurnalMinang, Rabu 16 Desember 2020.

banner 336x280

Sandal batik tersebut bisa dipasarkan ke hotel hotel, kantor dan instansi lainnya. Sementara itu aneka produk tas berbalut batik yang indah itupun harus dicarikan pasar nya agar UMKM tetap eksis.

“Pemerintah Daerah dan pengusaha yang sudah sukses harus siap membantu pemasaran dan pengembangan produk ini” ujar Irwan Malin Basa yang merupakan pelopor Batik Pariangan dan juga pembina UMKM ini.

Kalau memproduksi barang bisa dipacu tetapi memasarkan nya butuh skill dan jaringan tersendiri pula. Jika pemerintah memang ingin membantu UMKM tentu pemerintah harus serius pula mendukungnya. Tidak hanya sebatas slogan ketika kampanye saja. Andai UMKM banyak yang hidup tentu akan banyak masyarakat yang bisa hidup disana. Pemerintah akan sangat terbantu. (Red.Jm).

banner 336x280
Baca Juga :  Ketua Pansus II Yendri Bodra Dt. Parmato Alam Pastikan Tidak Ada Penerima Ganda
banner 120x600
  • Bagikan