Produk Kopi Tanah Datar Ikuti Pameran Kopi di Eropa

  • Bagikan
banner 468x60

Tanah Datar, Jurnalminang.com. News&Web TV. Produk kopi Tanah Datar diikutkan pada salah satu pameran kopi terbesar di Eropa yaitu Athen Coffee Festival ke 5 di Atena, Yunani pada tgl 25 sd 27 September mendatang. Hal ini adalah tindak lanjut dari pertemuan Dubes RI untuk Yunani dengan para pengusaha kopi dan penggiat kopi lokal di seluruh Indonesia pada beberapa waktu yang lalu.

Dari Sumatera Barat yang diundang adalah penggiat UMKM kopi lokal dari Tanah Datar yang diwakili oleh Irwan Malin Basa. Kopi yang ditawarkan adalah kopi Robusta dari daerah Batipuah yang tumbuh pada ketinggian 800 sd 1400 MDPL.

banner 336x280

Selain itu produk kopi yang diikutkan adalah Kawa Daun yang dikemas dalam bentuk saset. Kawa Daun adalah minuman tradisional Minangkabau yang terbuat dari daun kopi yang dikeringkan.

“ya betul. Kami sudah mengirim beberapa produk kopi dari Luak Nan Tuo. Kita memiliki keunikan tersendiri dalam proses pengolahan kopi dan Kawa Daun. Ini yang menarik bagi konsumen Eropa” jelas Irwan Malin Basa ketika berbincang dengan media ini.

Kopi dari Luak Nan Tuo memiliki kualitas yang baik. Harga bisa bersaing dengan kopi lain namun produksi nya belum sebanyak daerah lain yang sudah menghasilkan kopi dalam jumlah besar.

“kita patut berterima kasih kepada pemerintah RI khususnya Kedubes RI di Yunani yang mau mengundang kita. Itu artinya kita memiliki kelebihan cita rasa serta kualitas kopi tersendiri sehingga layak untuk diekspor ke Eropa” terang Irwan Malin Basa yang pada tahun ini sedang mengajukan usulan ke kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk menjadikan Kawa Daun sebagai salah satu WBTB.

Kopi yang dikirim memiliki merek dagang “JM Coffee. The origin of Minangkabau Coffe.” JM Coffee tidak hanya sebagai “influencer” kopi tetapi merupakan sebuah wadah berkumpul untuk UMKM kopi di Tanah Datar. (Red.Jm).

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan