News  

PKS dan Golkar Merubah Peta Politik Tanah Datar

Tanah Datar, Jurnalminang.com. Denyut Pilkada Tanah Datar setiap hari semakin memanas. Ketika balonbup yang lain terlihat “sedikit diam” dan tertatih mencari partai pendukung, PKS dan Golkar malah sepakat untuk bergandengan tangan mengusung kader masing-masing. Kesepakatan ini ditandai dengan pertemuan para petinggi dan pengurus partai di Batusangkar, Senin, 22 Juni 2020. Golkar mengusung Zuldafri Darma sedangkan PKS mengusung Sultani.

Kemunculan pasangan balonbup ini mendapat perhatian dari berbagai pihak, termasuk dari beberapa praktisi, pengamat serta pemerhati dan akademisi politik. Menyikapi koalisi ini, Novi Budiman, M.Si Direktur Pusat Kajian Politik ‘Studia Politika’ ikut berpendapat. Menurut Novi, pasangan ini cukup potensial karena Golkar dan PKS memiliki basis suara yang jelas. Berkaca pada Pileg th 2019 yang lalu, PKS mendulang suara sekitar 26.000 an. Golkar juga meraih suara sekitar 27.000 an. “Ini modal awal yang baik untuk bersaing meskipun tidak dipungkiri kalau ada signifikansi perolehan suara antara Pileg dengan pilkada” ungkap Novi.

Yang jelas antara Golkar dan PKS adalah kedua partai yang sudah cukup jumlah kursinya untuk maju. Untuk mengusung sepasang calon cukup dengan tujuh kursi sedangkan kedua partai ini sudah mengantongi sembilan kursi. Tinggal lagi bagaimana tahapan berikutnya di DPD / DPW serta DPP masing-masing partai. Jika komitmen cocok, tentu pasangan ini akan siap bertempur. Jika tidak, digodok lagi. Itulah dinamika politik.

“Ini adalah sebuah kemajuan yang bagus dibandingkan dengan upaya balon yang lain yang masih belum tentu pasangan dan partainya” komentar Novi. Semua bisa terjadi termasuk perubahan koalisi partai dan koalisi pasangan. “Politik itu abu abu tapi ada matematikanya, politik itu kejam tapi ada komprominya, politik itu jahat tapi ada seninya” ujar Novi sambil berfilsafat menutup wawancara. (Red).

Baca Juga :  DPD PAN Tanah Datar, Lakukan Bedah VISI MISI Bacalon Bupati-Wakil Bupati

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600