Pisang Berbuah Aneh Ditemukan di Rambatan

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Lauik Sati, Rantau Batuah. Kata kata kiasan tersebut memang lazim disebut masyarakat Minangkabau. Begitu pulalah yang terjadi pada Pisang Jantan yang tergolong aneh muncul di kebun Irwati (60 tahun) di Lurah Baru Bukik Sangok, Jorong Pabalutan, Nagari Rambatan, Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar. Pisang tersebut berbuah pada batangnya.

Pertama sekali pisang aneh ini diketahui oleh suami saya St.Parmato Intan, setelah sebatang pisang berbuah tidak seperti biasanya,” kata Irwati kepada media di Rambatan, Sabtu (02/04/2022).

Dikatakan, pisang dimanapun saja lumrahnya berbuah pada bahagian pucuknya, tetapi pisang yang satu malah muncul dibbahagian batang, sekitar ½ meter dari pucuknya. Jika pisang berbuah didahului oleh keluar jantung di bahagian pucuk, tetapi di kebun ini hanya pisang yang keluar dari batangnya.

“Bila dilihat dari segi pertumbuhan, kelihatan agak kurang baik alias agak kecil, namun hari ini sudah masak tiga buah,” tutur Irwati.

Pemilik tdak mengetahui kenapa pisang aneh ini bisa muncul di bahagian batang, namun bisa jadi bahagian pucuknya sudah tidak sehat lagi, sementara desakan untuk berbuah masih ada, sehingga menembus bahagian batang.

Ia mengakui, pisang tersebut masih dibiarkan begitu saja, mengingat buahnya yang kecil dan belum masak secara keseluruhan. Kita memang tidak berniat untuk memanennya, karena pisang sejenis yang lebih besar cukup banyak. (KD/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Alumni STM Pertanian Peduli, Sumbang Mushalla 33 jt
banner 120x600