News

Perpustakaan Megah di Tanah Datar Diresmikan

Tanah Datar, Jurnalminang.Com. News&Web TV. Perpustakaan Umum Daerah Tanah Datar yang megah diresmikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional Drs. Muhammad Syarif Bando, MM. Acara peresmian ini digelar di halaman kantor perpustakaan tersebut dan kepala Perpustakaan Nasional meresmikan secara virtual, Kamis (21/01/21) di Batusangkar, Tanah Datar.

Dengan adanya peresmian ini maka gedung perpustakaan daerah yang terletak di jalan Sultan Alam Bagagarsyah ini resmi digunakan. Fungsi dan penggunaannya disesuaikan dengan motto sebagai “Pusat ilmu pengetahuan, Pusat pemberdayaan masyarakat, sebagai Pusat kebudayaan serta Pusat peradaban dan kecerdasan.”

Turut hadir dalam peresmian itu Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH, Forkopimda, Staff Ahli Bupati bidang perekonomian dan pembangunan Nusyirwan, Kepala Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumbar Wardarusmen, SE, MM, Kepala Dinas Perpustakaan Daerah Tanah Datar Erizal Ramli serta tamu undangan lainnya.

Lebih lanjut, Erizal Ramli menyampaikan, “Dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa pemerintah mendirikan perpustakaan sebagai bentuk dukungan ikut dalam pembangunan sumber daya manusia, karena perpustakaan sebagai wadah pusat informasi sumber ilmu pengetahuan, dalam pelaksanaannya pemerintah harus memberikan tempat yang layak,” ujarnya.

“Untuk itu tahun 2017 dimulai pembangunan rangka dasarĀ  kontruksi dengan Anggaran dari APBD Tanah Datar senilai 2,4 M. Pada tahun 2018 dilanjutkan pembangunan tahap dua dengan anggaran dana bersumber dari APBD senilai 2,6 M lebih. Pembangunan dilanjutkan ke tahap tiga atau tahap penyelesaian dengan Anggaran Pemda Tanah Datar senilai 3,3 M dan diakhir tahun 2019 pembangunannya selesai dengan total anggaran senilai 9,5 M,” papar Erizal Ramli.

Proses pembangunan gedung berlantai 4 itu dikawal langsung oleh Tim TP4D kab. Tanah Datar. Untuk itu Erizal Ramli mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak dengan selesainya pembangunan gedung perpustakaan tersebut.

Baca Juga :  ACT dan MRI Segera Hadir di Batusangkar

Sementara itu Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, SH menyampaikan atas nama pemerintah Tanah Datar mengucapkan terimakasih atas waktu yang diberikan oleh kepala Perpustakaan Nasional sehingga bisa langsung meresmikan gedung perpustakaan walaupun dilaksanakan secara virtual.

“Sebagai kepala daerah dan masyarakat kami menyampaikan, dengan aggaran lebih kurang 9,5 M merupakan jumlah yang sangat besar jika dilihat dari APBD Tanah Datar, sehingga gedung dengan lantai 4 ini bisa berdiri megah di jantung kota Batusangkar,” jelas Zuldafri Darma.

Sementara itu Kepala Perpustakaan Nasional RI, Drs. Muhammad Syarif Bando secara virtual menyampaikan Pemerintah Tanah Datar telah mempersembahkan bentuk pembangunan sumberdaya manusia dengan mendirikan Gedung Perpustakaan.

“Sesuai dengan Visi dan Misi Presiden RI Joko Widodo adalah meningkatkan sumberdaya manusia, karena itu menjadi kewajiban bagi setiap kepala daerah untuk melaksanakan program tersebut, dan Tanah Datar telah ikut melaksanakan program itu dengan adanya Gedung perpustakaan yang hari ini diresmikan,” tutup Muhammad Syarif Bando.

Acara diakhiri dengan penyerahan secara simbolis mobil perpustakaan oleh kepala Perpustakaan Nasionan dan pengguntingan pita. Acara tetap menerapkan protokol kesehatan dan berakhir dengan peninjauan gedung oleh pejabat daerah serta makan siang bersama. (Red/Jm).

Related posts

BMT Almabruk IAIN Batusangkar Tetap Eksis di Tengah Corona

Admin Jurnal Minang

Tim Gugus Tugas Limapuluh Kota Konfirmasi Kasus Positif Covid-19 di Kabupaten Limapuluh Kota

Admin Jurnal Minang

Mengenal Pandai Besi di Luak Nan Tuo

Admin Jurnal Minang

Leave a Comment