News  

Pengurus PORWI Tanah Datar Periode 2021-2026 Dikukuhkan

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Pengurus Persatuan Olahraga Pacu Jawi (PORWI) Tanah Datar Periode 2021-2026 dikukuhkan oleh Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Tanah Datar, Sabtu 26 Februari 2022. Acara dilaksanakan di arena sawah pacuan Nagari Labuah.

Pada acara ini sekaligus dilakukan penutupan event pacu Jawi di Labuah ini. Acara diawali dengan sambutan dari wali nagari, sambutan ketua PORWI terpilih dan penutupan alek pacu Jawi oleh bupati Tanah Datar yang diwakili oleh Asisten dr Ermon Revlin.

Pengurus PORWI diketuai oleh H.Aresno Dt.Andomo yang juga menjabat sebagai ketua LKAAM Tanah Datar. “tugas kita adalah mengatur jadwal pacu Jawi di daerah sebaran pacu Jawi yang ada di Tanah Datar. Pacu Jawi sudah menjadi agenda pariwisata budaya yang ditunggu tunggu oleh seluruh wisatawan untuk datang ke Tanah Datar” ujar Dt.Andomo.

Setelah pacu Jawi di Labuah ini akan dilanjutkan di Sungai Tarab. “Seluruh perizinan sudah kita peroleh. Tetapi masyarakat dihimbau agar selalu mentaati Prokes” tambah Dt.Andomo.

Program PORWI kedepan juga akan memperhatikan kesejahteraan para joki. Selama ini mungkin mereka kurang terperhatikan. Padahal tanpa ada joki, pacu Jawi tidak bisa dilakukan.

Beberapa tokoh masyarakat dan pencinta pacu Jawi juga berharap agar tradisi ini bisa dikemas dengan baik sehingga menjadi sebuah tontonan budaya yang memuaskan.

Saat ini dimana pun pacu Jawi digelar, ribuan pengunjung hadir. Para fotografer, sinematografi, videografer, turis asing juga hadir dan sangat menikmati even tersebut. “Dari segi pariwisata tentu ini akan menjadi sebuah even pariwisata budaya yang bisa meningkatkan kunjungan wisatawan ke Luak Nan Tuo” ujar Irwan Malin Basa yang dipercaya sebagai koordinator Media dan Publikasi pada organisasi PORWI Tanah Datar ini. (Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600