Pengelolaan Sampah di Tanah Datar Masih Bermasalah, Bupati Konsultasi ke Kementerian LH dan Kehutanan RI

IMG 20230118 WA0026
IMG 20230118 WA0026

Jakarta, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar serius dalam menangani pengelolaan sampah, khususnya di sekitar kota Batusangkar. Keseriusan ini dibuktikan dengan kehadiran Bupati Tanah Datar Eka Putra didampingi Kepala Dinas Perkim LH Nofi Hendri dan Kabag Prokopim Dedi Tri Widono ke Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia di Jakarta.

Kedatangan Bupati dan rombongan disambut langsung oleh Direktur Pengelolaan Sampah pada Direktorat Jenderal PSLB 3 Novfizal Tahar didampingi Kasubdit Penilaian Kinerja Pengelolaan Sampah Ari Sugasri, Rabu (18/1) di gedung Manggala Wanabakti Lt 8 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Dikatakan Bupati Eka Putra bahwa kehadirannya ke Kementerian lingkungan Hidup dan Kehutanan RI tujuannya untuk melakukan konsultasi dan koordinasi terkait dengan pengelolaan sampah di kabupaten Tanah Datar terutama di sekitar kota Batusangkar.

“Iya, alhamdulillah hari ini kita diterima langsung oleh Direktur Pengelolaan Sampah bersama Kasubdit dan insyaallah kita diberikan kesempatan untuk mengajukan permohonan untuk mendapatkan bantuan alat pendaur ulang sampah organik dan organik,” ujar Bupati.

Menurut Bupati Eka, berdasarkan hasil koordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI memang masih banyak yang perlu diperbaiki dalam pengelolaan sampah di Tanah Datar.

“Langkah pertama yang akan kita lakukan melihat kondisi TPA kita dan disana kita juga akan kita bangun timbangan, sehingga kita tahu berapa ton sampah kita setiap harinya karena selama ini yang kita tahu hanya kubikasi saja. Dengan datangnya kita kesini, ternyata banyak cara-cara yang diberitahukan kepada kita langsung untuk bagaimana kita melakukan pengelolaan sampah yang baik,” terang Eka Putra lagi.

Bupati Eka Putra juga menghimbau dan mengajak kepada masyarakat agar bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan masing-masing dan membuang sampah pada tempat-tempat yang telah disediakan.
Direktur Direktur Pengelolaan Sampah Direktorat Jenderal PSLB 3 Kementerian LH dan Kehutanan RI Novfizal Tahar menyambut baik kehadiran Bupati Tanah Datar bersama rombongan. Dia berjanji akan membantu Pemda Tanah Datar terutama dalam pengelolaan sampah.

Baca Juga :  BKSDA Sumbar Reaktivasi Taman Wisata Merapi

“Kehadiran pak Bupati disini sudah membuktikan keseriusan beliau dalam mengupayakan perbaikan pengelolaan sampah di Tanah Datar, dan kami siap mendukung,” pungkasnya.

Penulis: Kasdi Ray
Editor: Redaksi Jurnal Minang
Print Friendly, PDF & Email