Pemko Sawahlunto Apresiasi Lomba Menulis Surat Cinta untuk Ibu

IMG 20230109 WA0030
IMG 20230109 WA0030

Sawahlunto, Jurnal Minang.com. News&Web TV. – Pemerintah Kota Sawahlunto yang dikomandoi Wali Kota Deri Asta, bersama Bunda Literasi Sawahlunto Meivyta Deri Asta, Minggu, 8 Januari 2023 menutup dan menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Menulis Surat Cinta Untuk Ibu.

Lomba tersebut diselenggarakan oleh Taman Baca Masyarakat (TBM) Pelangi Desa Lumindai, di Desa Lumindai.

Lomba itu diperuntukan bagi pelajar se-Kota Sawahlunto, yang diikuti oleh 22 orang pelajar SD, 28 orang pelajar SMP dan empat orang pelajar SMA.

“Alhamdulilah, cukup banyak pesertanya, kalau ditotal semua ada 54 orang peserta. Dari semua jenjang pendidikan itu kita ambil Juara I sampai Juara III, terkhusus di jenjang SD itu ada tambahan Juara Harapan I,” ujar Zulhijani Ketua Panitia Pelaksana.

Zulhijani menambahkan di jenjang SD, juga ada kategori sepuluh karya pilihan yang kemudian diberikan penghargaan khusus.

“Untuk hadiahnya, Juara I mendapat uang senilai Rp250 ribu, Juara II senilai Rp150 ribu dan Juara III senilai Rp100 ribu. Untuk tambahan hadiahnya berupa sertifikat dan buku,” kata Zulhijani.

Bunda Literasi Kota Sawahlunto Ny. Meyvita Deri Asta sangat mengapresiasi kegiatan Lomba Menulis Surat Cinta Untuk Ibu tersebut, serta menyampaikan rasa kagum terhadap karya-karya yang ditulis para peserta.

“Di zaman dahulu dan di zaman sekarang, keterampilan menulis itu selalu dibutuhkan, dari zaman dahulu kita lihat rata-rata orang sukses itu mereka memiliki kemampuan menulis yang bagus.

“Kini dengan kegiatan seperti ini yang mendorong anak-anak kita meningkat kemampuan menulisnya, tentu menjadi salah satu upaya dalam mempersiapkan generasi penerus yang cerdas dan unggul,” kata Meivyta Deri Asta.

Meyvita Deri menyebut dengan menulis maka juga menjadi salah satu pendorong anak-anak untuk gemar membaca, karena untuk bisa menulis dengan baik maka tentu harus dimulai dengan membaca terlebih dahulu.

Baca Juga :  Kadis Dikbud Tanah Datar Tindaklanjuti Pengosongan Rumah Dinas, Apa Konsekwensinya?

Wali Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan Pemko Sawahlunto mendukung TBM Pelangi dalam penyelenggaraan Lomba Menulis Surat Cinta Untuk Ibu tersebut melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan khususnya Perpustakaan Adinegoro.

“Terima kasih TBM Pelangi yang telah berkontribusi mendukung Pemko Sawahlunto untuk program literasi pada anak dan remaja.

“Melalui momen ini kita tingkatkan sinergi dalam mendorong generasi muda Sawahlunto agar semakin hobi membaca dan menulis,” kata Deri Asta.

Turut hadir dalam penutupan dan penyerahan hadiah lomba itu tokoh masyarakat dan perantau Lumindai yaitu H. Anas, yang juga menyampaikan apresiasi dan dukungan terhadap kegiatan lomba tersebut.

Dari catatan panitia, diketahui para pemenang lomba tersebut yakni ; untuk tingkat SD Juara I diraih Latief Rahmanda dari SDN 13 Pasar Remaja, Juara II diraih Nasiva Turrahmi dari SDN 06 Lumindai, Juara III diraih dari Khalisa Rahmadani dari SDN 29 Lumindai dan Juara Harapan I diraih Abrar Zaky Dendra dari SDIT Cahaya Pelangi.

Kemudian tingkat SMP, Juara I diraih Alya Nazifah dari MTsN 02 Sawahlunto, Juara II diraih Sarah Mardiah Agustin dari SMPN 08 Sawahlunto dan Juara III diraih Roma Mannadine Ritonga dari SMPN 01 Sawahlunto.

Setelah itu tingkat SMA, Juara I diraih Bunga Anggraini dari SMKN 1 Sawahlunto, Juara II diraih Alifah dari SMKN 1 Sawahlunto dan Juara III diraih Vicky Gustiadi dari SMAN 2 Sawahlunto.

Penulis: Safrizal Putra
Editor: Redaksi Jurnal Minang
Print Friendly, PDF & Email