Pemkab Tanah Datar Tandatangani MoU dengan Pemkab Kampar

Batusangkar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Guna meningkatkan pelayanan, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kampar terkait pemanfaatan potensi daerah, penyediaan pelayanan publik, pengelolaan sumber daya alam dan sebagainya.

Hal itu pun dipertegas dengan telah ditandatanganinya nota kesepakatan oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM. dan Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, di Gedung Indo Jolito, Batusangkar, Selasa (13/12/2022).

Bupati Eka mengatakan penandatanganan kerjasama ini merupakan usaha bersama antar daerah, dalam rangka penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah.

Bupati Eka pun berharap, melalui kegiatan ini potensi di masing-masing daerah dapat dikembangkan secara bersama, sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kerjasama antara dua daerah ini merupakan aksi nyata untuk saling mendukung pengembangkan potensi daerah di dua wilayah, sehingga terwujud peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Bupati Eka.

Seterusnya, Bupati Eka mengatakan bahwa ini salah satu langkah pemerintah Tanah Datar, yang mencerminkan keseriusan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui perluasan lapangan kerja berbasis industri, pertanian dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Tidak hanya itu, Bupati Eka juga menginformasikan bahwa daerah yang di kenal sebagai Luhak Nan Tuo ini, telah memanfaatkan potensi pertanian dalam penanganan inflasi daerah, dan berhasil meraih Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) berprestasi di wilayah Sumatera Barat (Sumbar) di ajang TPID Award 2022.

“Potensi daerah Tanah Datar tersebar di 14 Kecamatan dan 75 Nagari. Salah satu potensi andalan berada di sektor pertanian, dengan peningkatan produksi serta hilirisasi bawang dan cabe merah, Tanah Datar berhasil meraih TPID berprestasi di wilayah Sumbar. Kita berkerjasama dengan pemerintah Kabupaten Kampar, salah satunya di sektor ini,” ujar Bupati Eka.

Baca Juga :  Sikapi Perbedaan Hari Raya Idul Adha, PHBI Tanah Datar Fasilitasi Dua Hari untuk Pelaksanaan Sholat Idul Adha

Pj. Bupati Kampar Dr. H. Kamsol, mengatakan kerjasama yang tejalin dengan Pemerintah Tanah Datar akan berdampak positif bagi kedua belah pihak.

“Kita saling bahu membahu untuk mendorong kesejahteraan masyarakat, sinergitas ini akan terus dijaga dan ditingkatkan di segala sektor,” ujar Pj. Bupati Kamsol.

Ia pun menambahkan, bahwa pendatanganan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Tanah Datar dan Pemerintah Kabupaten Kampar sekaligus menjalankan amanah dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dimana terjalinnya kerjasama akan bermuara pada terjaganya stabilitas harga pangan di antara dua daerah itu.

“Terjalinnya kerjasama ini, akan ditindak lanjuti di masing-masing dinas terkait, untuk saling bahu-membahu memenuhi kebutuhan bersama di dua daerah ini. Terlebih kita mempunyai program UMKM yang telah masuk ke pasar negara tetangga. Hal ini tentu juga bisa dimanfaatkan Pemerintah Kabupaten Tanah Datar bagi masyarakatnya,” ujar Pj. Bupati Kamsol. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email