News  

Pemkab Tanah Datar Sosialisasikan Penggunaan Anggaran Satu Nagari Satu Even

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Pemkab Tanah Datar melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) mematangkan persiapan pelaksanaan Program Unggulan (Progul) Satu Nagari Satu Event, dengan menggelar rapat teknis dengan sejumlah pihak terkait, di Aula Kantor Bupati, Kamis (14/04/2022).

Hadir dalam kesempatan tersebut Asisten II Abdul Hakim, Tim Pengkajian dan Perumusan Kebijakan Percepatan Pembangunan (TP2KP2), Kepala OPD, Camat, Wali Nagari, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di 14 Nagari dan Tim Kurator yang bertugas untuk mendampingi pelaksana.

Kabid Pariwisata Efrison, SE mengatakan, salah satu perhelatan Satu Nagari Satu Event dalam waktu dekat akan digelar di Tanah Datar. Usai lebaran Nagari Andaleh Baruah Bukik akan menggelar “Sepekan Alek Nagari Andaleh”, yang akan dilaksanakan tangga l4-10 Mei 2022 mendatang.

“Pada intinya pelaksanaan program Satu Nagari Satu Event, bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Tanah Datar,” tutur Efrison.

Dengan adanya Progul Satu Nagari Satu Event ini, selain untuk meningkatkan kunjungan wisata, juga wisatawan semakin lama lagi tinggal di Nagari kita, dengan itu nantinya diharapkan akan lahir juga homestay-homestay di Nagari.

Dijelaskan, untuk terlaksananya Progul Satu Nagari Satu Event Pemda Tanah Datar melalui Dinas Parpora, akan membantu anggaran sebesar Rp.50 Juta per Nagari termasuk pajak.”Bantuan tersebut akan ditransfer dan akan dikelola oleh Pokdarwis, sebagai panitia pelaksana dan penggunaan anggaran disesuaikan dengan event.

Kabid Pariwisata Efrison, SE menambahkan, untuk pelaksanaan Satu Nagari Satu Event pada tahun 2022 ini, dari 14 Nagari yang ada di Kabupaten Tanah Datar, baru 6 Nagari yang menyepakati penggunaan anggaran bantuan dari pemerintah daerah.

“Diharapkan, Nagari yang belum menyepakati untuk segera mengkoordinasikan sesuai dengan kebutuhan di lapangan, dengan catatan sesuai dengan aturan yang berlaku,” jelasnya.

Baca Juga :  Pokdarwis Desa Wisata Pagaruyung Mulai Eksis dan Diminati

Efrison mengatakan, agar pelaksanaan Satu Nagari Satu Event lebih profesional dan terlaksana dengan sukses dan lancar, Dinas Pariwisata Tanah Datar melibatkan tim TP2KP2 dan Kurator, yang bertugas untuk mendampingi pelaksana untuk mengemas pelaksanaan event.

“Untuk tim kurator terdiri dari tim akademisi dari IAIN Batusangkar, STP Bandung, pemerhati budaya, seniman dan pelaku seni,” ujar Efrison. (KD/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600