Pemkab Tanah Datar Sosialisasikan Asuransi Padi dan Asuransi Ternak

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Dinas Pertanian Tanah Datar Gelar Sosialisasi Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K) bertempat di Aula Kantor Bupati setempat, Jum’at, (15/7).

Program asuransi tersebut merupakan salah satu realisasi program unggulan Pemerintah Tanah Datar di sektor pertanian.

Menurut Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar Sri Mulyani dalam sambutannya menegaskan bahwa target dari kementrian pertanian hingga Juli di Sumatera Barat harus terealisasikan sebanyak 8000 hektare lahan per Juli.

Untuk Tanah Datar sendiri ditargetkan sebanyak 2000 hektar sawah dan 2000 ekor sapi untuk diasuransikan.

“Itu perlu upaya dari seluruh pihak terkait dalam mencapai target tersebut, dan segera bisa direalisasikan preminya,” katanya.

Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, S.H., M.H menyampaikan penggerak ekonomi Tanah Datar selain Pariwisata adalah pertanian.

Jika pertanian selama ini hanya dipandang dengan angka-angka, jumlah pemilih suara, maka saat ini bupati dan wakil bupati bekerja keras untuk menjadikan pertanian ke level selanjutnya.

“Yaitunya terciptanya industri pertanian yang sehat, sejahtera mulai dari tingkat petani sampai ke penyuluh-penyuluh,” katanya.

“Dengan adanya asuransi ini dapat melindungi petani-petani kita dari musibah yang tidak dapat kita prediksi,” lanjutnya.

Pemateri dari PT. Asuransi Jasa Indonesia cabang Padang Widdianti Mawi, SS selaku Senior Marketing PT. Jasindo Padang juga menyampaikan pentingnya asuransi untuk Padi dan ternak.

“Kenapa asuransi di pertanian diwajibkan, karena kondisi Negara kita merupakan Negara agraris terjadi perubahan iklim dan pola menanam yang berbeda, maka dari itu diciptakan asuransi pertanian” ucap Widdianti

Peserta sosialisasi dihadiri seluruh Kepala bidang selingkup Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar, kelompok Jabatan Fungsional Dinas Pertanian, Koordinator Penyuluh Pertanian dan Penyuluh Pertanian Nagari di Kabupaten Tanah Datar. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600