Pemkab Pasaman Barat Bentuk Satu Da’i Untuk Satu Jorong

Pasbar, Jurnalminang.com. News &Web TV. Dasar utama untuk menetapkan Da’i Nagari bagi Kepala Daerah adalah sebagai ujung tombak untuk mengkoordinir kegiatan-kegiatan keagamaan. Kegiatan tersebut seperti melakukan pembinaan TPA/MDA. Melaksanakan kegiatan penyuluhan agama di Nagari masing-masing. Hal ini disampaikan Bupati Pasaman Barat melalui Kabag.Kesra, Hendrizal di ruang kerjanya saat dikonfirmasi mengenai dasar pembentukan Da’i Nagari oleh Jurnalminang.com, Rabu (24/6/21).

“Da’i nagari tugasnya sebagai koordinator kegiatan keagamaan di wilayah masing-masing. Salah satu contoh, di daerah pinggiran, untuk Jum’at ada yang tidak datang khatibnya. Kita berharap jangan sampai ada masjid yang tidak menyelenggarakan sholat Jum’at karena tidak ada khatib”, ungkap Hendrizal.

Lebih lanjut dikatakan Hendrizal, jadi kita mengharapkan dengan adanya Da’i Nagari tersebut, merekalah sebagai pelaksananya nanti. Jadi bila tidak ada khatib di suatu masjid, Da’i Nagari siap bertindak sebagai khatib.

Pembentukan Da’i Nagari di Kabupaten Pasaman Barat pertama kali tahun 2005 berdasarkan SK Bupati. “Da’i nagari dibentuk sudah sejak tahun 2005 berdasarkan SK bupati”, ucap Hendrizal menjelaskan awal pembentukan Da’i Nagari.

Lebih jauh, Hendrizal mengungkapkan, perkembangan Da’i Nagari sampai saat ini terus dirasakan kebutuhannya. Nagari sangat butuh seorang Da’i Nagari yang dapat mengkoordinir kegiatan keagamaan ini. “Tanpa terkoordinir, kegiatan tersebut sudah jelas tidak dapat terlaksana dengan baik”.

Kemudian, berkenaan dengan masa tugas Da’i nagari berkegiatan masanya 5 tahun, dan setiap tahun SK penugasan diperpanjang. “Jika ada pergantian akan dilaksanakan seleksi ulang”, tegas Hendrizal.

Dikatakannya, Pemerintah Daerah menetapkan kriteria untuk menjadi Da’i Nagari. Pertama, mampu tulis baca Al-Qur’an. Ia akan menggerakkan kegiatan keagamaan seperti di TPA/MDA. Kedua, harus mampu menjadi khatib saat pelaksanaan sholat Jum’at. Ketiga, memiliki bacaan sholat dan pelaksanaan sholat 5 waktu yang baik. Kemudian mampu melaksanakan penyelenggaraan jenazah.

Baca Juga :  Bupati Eka Putra Silaturahmi dengan Perantau Sumanik

“Kriteria tersebut menjadi poin penting yang tidak dapat ditolerir untuk menjadi seorang Da’i Nagari. Ini akan menjadi perhatian utama dalam pelaksanaan seleksi Da’i Nagari”, tegas Hendrizal.

Untuk tahun ini, seleksi da’i nagari dilaksanakan pada tanggal 21-22 dan 28-29 Juni 2021. Pengumuman hasil seleksi dijadwalkan bulan juli 2021. Secara keseluruhan da’i nagari yang akan direkrut sebanyak 218 da’i Nagari. “Da’i Nagari adalah perpanjangan tangan pemerintah daerah untuk pengembangan kegiatan keagaaman di tengah-tengah masyarakat. Diharapkan mereka menjadi penggeraknya,” harap Hendrizal lagi.

Di tempat berbeda, Wali Nagari Lingkuang Aua, Adrial, merasa bersyukur dengan adanya Da’i Nagari ini. Ini bukti adanya perhatian pemerintah daerah untuk menunjang program pemerintahan nagari dalam hal pelayanan kegiatan keagamaan di nagari. “Selama ini kami bersama Da’i Nagari sering melakukan koordinasi berkaitan dengan kegiatan keagamaan”, ungkap Adrial.

Senada dengan Wali Nagari, Rahmad Hidayat, masyarakat setempat merasa bersykur atas kehadiran da’i Nagari ini. “Alhamdulillah untuk kehadiran da’i Nagari sangat positif. Karena banyak manfaatnya untuk masyarakat. Khususnya pencerahan persoalan keagamaan terhadap masyarakat yang membutuhkan pencerahan”, ungkap Rahmad Hidayat yang juga seorang Mubaligh.

Lebih lanjut Rahmad Hidayat memberikan evaluasi berkaitan kegiatan da’i Nagari sebelumya. Untuk kegiatan yang belum terlaksana dengan baik dan intensif dan maksimala selama ini, sepeti pembinaan TPA/MDA, pembinaan remaja masjidnya. Ini perlu peningkatan pembinaan dan pendampingan dari da’i Nagari. “Sehingga kedepan dibutuhkan da’i yang siap melaksanakan pembinaan lebih maksimal terhadap kebutuhan masyarakat. Khususnya pembelajaran Al-Qur’an dan pemahaman keagamaan di kalangan generasi muda”, tegas Rahmad Hidayat yang juga pimpinan Sekolah Tahsin/Tahfidz Indonesia. (RM/Red.Jm).

 

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600