News  

Peminat Mahasiswa Masuk IAIN Batusangkar Semakin Membludak

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. –Memasuki hari ke-8 setelah dibukanya jadwal pendaftaran jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN) Perguruan Tinggi Keagamaan Islanm Negeri (PTKIN) tahun 2022, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar terus diminati siswa/siswi Se-Indonesia.
Sementara itu jadwal yang dirilis dari panitia pusat (SPAN-PTKIN) untuk pendaftaran siswa/wi yang telah didaftarkan sebelumnya oleh masing-masing sekolah yakni tgl 04 – 31 Maret 2022.

Dari pantaun website SPAN-PTKIN IAIN Batusangkar bertengger pada posisi ke II jumlah peminat tertinggi dari 29 IAIN Se-Indonesia. Total sementara hari ke-8 pendaftaran SPAN-PTKIN bagi siswa sebanyak 1484 calon mahasiswa siswa yang memilih IAIN Batusangkar.
Sebagai kampus yang akan segera bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar, dengan memiliki Akreditasi A dan akreditasi Unggul terbanyak antar PTKIN di Sumbar, ini yang menjadi dasar calon siswa/wi yang menetapkan pilihanya untuk melanjutkan ke IAIN Batusangkar.

Ditambah lagi pertimbangan calon siswa/wi untuk menetapkan pilihannya ke IAIN Batusangkar dikarenakan semua jurusan yang ada di IAIN Batusangkar telah terakreditasi oleh BAN-PT.
Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kelembagaan sekaligus penanggung jawab PMB IAIN Batusangkar Tahun 2022, Dr. Ridwal Trisoni, M.Pd mengatakan, seiring semakin tingginya peminat dan kepercayaan masyarakat terhadap IAIN Batusangkar yang ditandai dengan meningkatnya animo calon mahasiswa baru yang mendaftar ke IAIN Batusangkar tahun demi tahun, tahun ini pada jalur SPAN-PTKIN IAIN Batusangkar membuka kuata sebanyak 3040 calon siswa dari 27 jurusan/prodi.

Pada tahun ini kita juga membuka jalur prestasi bagi siswa/wi SMA, MA, SMK, Ponpes yang memiliki prestasi non akedemik, dan juga jalur Afirmasi Sain Islam dengan pilihan jurusan Fisika, Kimia, Pemikiran Politik Islam (PPI), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Manajemen Zakat dan Wakaf (Mazawa) dengan biaya gratis dan dengan Uang Kuliah Tunggal pada UKT 1 Rp. 400.000,- (empat ratus ribu rupiah/semester).

Baca Juga :  Bupati Hadiri Forum Komunikasi Camat Se-Tanah Datar

Wakil rektor III bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Sirajul Munir, M.Pd menyebutkan tahun ini kita di IAIN Batusangkar menfasilitasi semua siswa/wi yang memiliki hafalan Al-Quran agar bisa meraih beasiswa tahfizh.
Lebih lanjut, Sirajul Munir mengatakan Beasiswa Tahfizh di IAIN Batusangkar tidak mempunyai kuota, selagi mampu setiap calon mahasiswa bisa membuktikan dan mempertahankan hafalannya kita kasih beasiswa tergantung banyak hafalannya” ujar Sirajul Munir. (DO/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600