News  

Pembukaan ‘Pandai Sikek Festival’ Meriah, Wabup Richi Aprian Berikan Sambutan

Pandai Sikek, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Digelarnya kesenian Gandang Sikapak pertanda dimulainya acara pembukaan Pandai Sikek Festival dalam rangka menyukseskan Program Unggulan (Progul) Pemkab Tanah Datar “Satu Nagari Satu Event” di Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (27/08/2022).

Acara yang dibuka Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian ini juga diikuti oleh Parade 1000 songket, diperagakan oleh gadis-gadis ayu Pandai Sikek dan kaum wanita lainnya yang cukup bersemangat mengitari jalan Nagari Wisata tersebut.

Wabup Richi Aprian dalam kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan Satu Nagari Satu Event di Pandai Sikek ini sudah tahap keenam, setelah lima nagari juga telah melaksanakan hal serupa, dengan menampilkan seni budaya, permainan anak nagari dan berbagai macam kuliner.

Kegiatan semacam ini diadakan, selain sebagai hiburan bagi masyarakat juga diharapkan dapat menggenjot perekonomian masyarakat serta mempromosikan objek wisata setempat, karena dari event yang digelar ini para wisatawan akan berkunjung lebih banyak lagi ke Pandai Sikek.

“Apa lagi Pandai Sikek memiliki potensi kain tenun atau songket serta ukiran kayu, jelas suatu daya tarik yang sulit dimiliki nagari lain di Sumatera Barat,” tambah Wabup.

Wali Nagari Pandai Sikek Harmen St.Rajo Malano dalam kesempatan itu melaporkan, bahwa kegiatan Pandai Sikek Festival ini sudah dipersiapkan sejak seminggu lalu, melibatkan berbagai unsur, terutama generasi muda yang tak kenal lelah membantu panitia pelaksana.agar sukses.

“Selama dua hari pelaksanaan, Sabtu dan Minggu 27 dan 28 Agustus 2022 dapat memberikan hiburan dan meningkatkan pendapatan masyarakat, dengan berjualan makanan dan kuliner, sehingga betul-betul bermanfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Wali Nagari Harmen St. Rajo Malano mengakhiri.

Baca Juga :  Dinas Dukcapil Tanah DatarTerdepan dalam Inovasi dan Layanan

Hadir pada acara tersebut, Dandim 0307 Tanah Datar dan Kapolres Padang Panjang, Kadis Parpora Hendri Agung Indrianto, Kepala OPD, Camat, Wali Nagari serta undangan lainnya, juga tampak hadir Bupati Tanah Datar dua priode (2005-210 dan 2010-2015) Ir. M.Shadiq Pasadigoe, SH, MM. Tokoh perantau dan berbagai undangan lainnya. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600