Pemangku Adat di Tanah Datar Dikenalkan dengan Pentingnya Manuskrip Minangkabau

Batusangkar, Jurnal Minang.com. perwakilan para pemangku adat, tokoh masyarakat serta penggiat kebudayaan di kab. Tanah Datar diperkenalkan dengan pentingnya keberadaan Manuskrip Minangkabau sebagai warisan budaya. Kegiatan ini dilaksanakan di aula Islamic center Pagaruyung, Rabu – Kamis, 13 s/d 14 September 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat melalui anggaran dana pokir anggota DPRD Sumbar Dapil VI yaitu Budiman Dt. Malano Garang yang juga putra asli Kecamatan Pariangan, Kab. Tanah Datar.

Hadir sebagai narasumber untuk pengenalan Manuskrip ini adalah Irwan Malin Basa dari kampus UIN Batusangkar yang sudah lama melakukan Pelestarian naskah kuno dan kebudayaan Minangkabau.

“manuskrip ini sangat penting. Kita harus melestarikannya, kita kaji, dan kita pelihara. Kita harus terbuka dengan pihak pihak yang mau mengkaji manuskrip. Kita tidak boleh mengkeramatkan naskah” tegas Irwan Malin Basa.

Peserta acara sangat tertarik dengan penjelasan Irwan Malin Basa dan banyak yang bersedia membuka manuskrip yang ada di rumahnya masing masing untuk dibaca, diterjemahkan dan dipelihara dengan baik. (Red.JM)

Print Friendly, PDF & Email
Baca Juga :  Irfendi Arbi : Situjuah Batua Patut Diacungi Jepol Cegah Covid-19