Pelantikan Pengurus KORMI Tanah Datar Meriah dan Sukses

Tanah Datar – Jurnal Minang.com. News&Web TV. Bertempat di sekretariat Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kabupaten Tanah Datar Minggu, 27 November 2022 pagi tadi dilangsungkan pengukuhan serta pelantikan pengurus KORMI Tanah Datar periode 2022-2026. Acara pelantikan tersebut, dihadiri langsung oleh Ketua KORMI Provinsi Sumatera Barat, Aristo Munandar dan Sekretaris KORMI Prov. Sumbar.

Ketua KORMI Prov. Sumbar saat diwawancarai awak media Jurnal Minang, mengapresiasi pelaksanan kegiatan tersebut.

“Kita mengapresiasi langkah yang dilakukan pengurus KORMI Tanah Datar, dan juga pemerintah daerah. Karena telah memberikan suport penuh kepada KORMI Tanah Datar, dengan memimjamkan gedung sebagai tempat sekretariat. Saya melihat memang suatu yang sangat menggembirakan, karena memang Tanah Datar memberikan sesuatu yang spesifik di dalam pelantikan ini, di lapangan terbuka tetapi kita mendapatkan masal di olahraga tradisional.” kata mantan Bupati Agam 2 periode tersebut.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa KORMI, adalah lembaga yang menaungi berbagai induk olahraga rekreasi di Indonesia, yang merupakan mitra pemerintah.

“Kali ini menjadi menarik karena ini Luhak Nan Tuo. Dengan sejarah nya yang banyak juga budaya yang mungkin karena kemajuan zaman sekarang tertinggal, terbelakang. Tapi, dengan adanya KORMI hari ini, akan kembali menggeliat. Seperti statement ketua tadi, yang akan memberikan fasilitas untuk olahraga tradisional, karena itulah yang dibutuhkan anak bangsa. Kekayaan budaya daerah akan memperkaya budaya nasional melalui KORMI. Usai dilantiknya pengurus KORMI ini, kita berharap nantinya KORMI Tanah Datar, dapat menjadi poros pemerintah dengan berkolaborasi bersama stakeholder yang ada. Guna memajukan daerah Tanah Datar,” tutur nya.

Selanjutnya Ketua KORMI Tanah Datar yang secara sah, dilantik pagi tadi Richi Aprian saat diwawancarai awak media Jurnal Minang menuturkan tanggapanya terkit giat tersebut.

Baca Juga :  Komunitas 'SULUAH' Padang Adakan Pameran dan Pelatihan Preservasi Manuskrip

“Alhamdulillah ini kegiatan KORMI, beda dengan KONI. KORMI adalah komite olahraga rekreasi masyarakat Indonesia lebih daripada bagaimana kita pengurus, sangat semangat tadi. Karena kita sebagai Luhak Nan Tuo, banyak permainan tradisional yang sebenarnya, bisa dimainkan anak-anak kita sekarang ini. Salah satu harapan kami mengalihkan, kegiatan anak anak kita dari kecanduan gawai.

Kalau kita memberhentikan bermain handphone rasanya, tidak mungkin. Sekarang bagaimana kita mengalihkan permainan-permainan tradisional yang kita sudah punya. Salah satunya tadi, kita main Cakbur, ada main congklak, ada main catur harimau, catur 18, dan lain-lain lagi. Belum main egrang, belum main ketapel, itu sebenarnya permainan-permainan zaman dulu yang itu kita punya, yang kita miliki. Dan mudah-mudahan kami berharap, di Tanah Datar rapat kerja komunitas insya Allah akan kita sosialisasikan ke tingkat sekolah dasar, maupun ke tingkat sekolah menengah pertama,” Ucap Richi.

“Mudah-mudahan kedepannya nanti, ada seolah-olah seperti olimpiade olimpiade dan permainan-permainan tradisional lainnya. Dan ini kita harapkan, bisa menyalurkan semangat dan juga energi yang luar biasa dari anak-anak kita tadi. KORMI ini moto nya, Sehat, Bugar, dan Bahagia. Percuma sehat, kalau tidak bahagia. Kita sangat bersyukur, kegiatan pelantikan KORMI Tanah Datar berjalan lancar,” tutup nya.

Adapun giat KORMI jelang pelantikan, ialah senam pagi, dan ngopi bareng. Masyarakat yang ikut kegiatan, disediakan snack gratis. Setelah itu, barulah dilanjutkan dengan pelantikan.

Juga ada penampilan dan pengendalian olahraga tradisional, yang ada di Tanah Datar. Tidak hanya hiburan saja, juga banyak door prize menarik tentunya yang sudah di sediakan dari berbagai sponsor.

Adapun sponsor kegiatan KORMI ini, ada Bank BRI, Bank Nagari, Emersia Hotel, UIN Batusangkar, PDAM, Libra motor, Toko Sribunga dan Media Jurnal Minang dan banyak lagi.

Baca Juga :  Bupati Tanah Datar Kukuhkan Pengurus IKTD Luak Nan Bungsu; Payakumbuh dan 50 Kota

Hadir dalam giat tersebut, Pengurus KORMI Prov Sumbar, Pengurus KORMI Tanah Datar, Forkopimda, Anggota DPRD Tanah Datar, LKAAM Tanah Datar, Pimpinan atau yang mewakili Bank BRI, Bank Nagari, Emersia Hotel, UIN Batusangkar, PDAM, Libra motor, Toko Sribunga dan Media Jurnal Minang.

Kegiatan berlangsung meriah, dan banyak masyarakat yang ikut kegiatan tersebut mendapatkan Door Prize dari kegiatan tersebut.

Untuk diketahui, Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia atau sebelumnya bernama Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia adalah lembaga yang menaungi berbagai induk olahraga rekreasi di Indonesia. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email