Pasar Ternak Batusangkar akan Dibuka Lagi Minggu ini

Tanah Datar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Sempat ditutup selama 2 (dua) minggu, sesuai Surat Edaran (SE) Bupati TD Nomor: 524.1/575/Pertanian – V/2022, tentang Upaya Pengendalian dan Penanggulangan masuknya wabah Penyakit Mulut Dan Kuku (PMK) di Pasar Ternak Batusangkar, Minggu ini 02 Juni 2022, Pasar Ternak Batusangkar akan kembali dibuka.

 Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Tanah Datar, Sri Mulyani didampingi Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Drh.Varia Warvis MEc Dev ketika dikonfirmasi media 30 Mai 2022.

Dibukanya pasar ternak Cubadak Batusangkar guna memenuhi kebutuhan sapi kurban dalam rangka menghadapi Idul Adha 1443 H mendatang dan meningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Tanah Datar. Pasar Ternak Cubadak Batusangkar akan kembali dibuka dengan menerapkan protokol Biosecurity, maksudnya ternak yang berhak masuk kawasan pasar ternak Cubadak adalah ternak sehat.

 Untuk itu ,persiapan dan antisipasi penyebaran virus PMK, maka dilakukan penyemprotan disinfektan disekitar pasar ternak .

Seperti hari Senin 30 Mei 2022 dilakukan penyemprotan desinfektan di seluruh area Pasar Ternak. Dan akan disemprot kembali setelah hari pasar, hal ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi pedagang dan peternak serta masyarakat lainnya.

Kemudian menyediakan sarana sanitasi dan desinfeksi, mulai hari Selasa tanggal 31 Mei 2022 pemeriksaan administrasi dan kesehatan hewan ternak yang dimaksud, dan ternak yang sakit dilarang masuk Pasar Ternak, atau disilahkan balik ketempat asal.

Guna menyukseskan kegiatan ini , petugas menyiapkan dokter hewan dan petugas teknis, serta melibatkan tenaga TNI, Polri, dan Satpol PP untuk antisipasi pengamanan di lapangan.

Nasrullah salah seorang pedagang dan peternak yang aktif di Pasar Ternak Batusangkar ini, menyambut gembira kebijakan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian ini.

Baca Juga :  Angin Kencang Landa Beberapa Wilayah Tanah Datar

Disampaikannya “ini merupakan Kado kepada peternak dan pelaku usaha peternakan, apalagi hari telah mendekati Idul Adha, kurang laweh jo tapak tangan jo niru kami tampuang, ungkapnya. (KD/Red.Jm).

Print Friendly, PDF & Email
banner 120x600