Olimpiade Sosiologi Digelar di SMAN 1 Sungayang, Antusias Peserta Membludak

Batusangkar, Jurnal Minang.com. News&Web TV. Kepala Cabang Dinas Wilayah IV Dinas Pendidikan Sumatera Barat, Adrikum, membuka kegiatan Olimpiade. Sekitar 150 siswa tingkat SMA/MA se Tanah Datar melaksanakan Olimpiade Sosiologi Tanah Datar I (OSTD) di Aula SMAN 1 Sungayang, Tanah Datar, Rabu (2/10/2022). Keikutsertaan para siswa dalam ajang itu juga didampingi guru pembimbing sekolah masing-masing siswa.

Kepala Cabang Dinas Wilayah IV Dinas Pendidikan Sumatera Barat Adrikum, usai pembukaan olimpiade itu menyebutkan bahwa sesuai konsep kurikulum merdeka, materi tentang ilmu-ilmu sosial yang diperoleh siswa dari masyarakat di domisili siswa masing-masing akan diolah di sekolah, kemudian dikembalikan ke masyarakat.

“Dalam waktu dekat kita coba kumpulkan guru sosiologi di wilayah Sumbar IV, nanti diharapkan instrumen alat ukur yang diperlombakan siswa pada olimpiade ini bisa dikembangkan. Masing-masing sekolah sampai tujuh tim mengirim peserta dan ini cukup diminati siswa,” katanya.

Kedepan Adrikum mengharapkan, SMA 1 Sungayang sebagai sekolah yang memiliki aula terbesar yang mampu menampung hingga seribu orang itu, bisa kembali menjadi tuan rumah penyelenggara Olimpiade tingkat lanjutan.

“Selama ini olimpiade itu hanya mengenal Sains, IPA dan Matematika. Kini di Tanah Datar menggelar Olimpiade Sosiologi, bila pada lomba itu muncul instrumen, ini menjadi pengayaan pada masyarakat nantinya. Jika kesepakatan MKKS awal 2023 nanti kembali olimpiade dilaksanakan, kita akan dukung lagi lomba ini, diupayakan untuk kapasitas lebih besar lagi,” katanya. (KD/Red.Jm)

Print Friendly, PDF & Email